Proteksi katodik merupakan salah satu cara untuk melindungi baja dari bahaya korosi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kinerja dari beberapa jenis sacrificial anode yang digunakan pada proteksi katodik di lingkungan laut. Salinitas yang digunakan yaitu 33‰,35 ‰, dan 37‰. Sacrificial anode yang digunakan yaitu paduan alumunium, seng dan magnesium. Sedangkan katoda atau struktur yang dilindungi adalah baja karbon. Kinerja yang diukur adalah laju korosi yang terjadi dan pola korosi pada masing- masing sacrificial anode dan katoda. Lingkungan air laut pada penelitian ini berubah sesuai dengan kelarutan dan komposisi kimiawinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan anoda magnesium menunjukkan laju korosi terbesar . Sedangkan besar laju korosi pada seng lebih besar daripada laju korosi pada aluminium. Dengan foto mikro tampak korosi yang terjadi yaitu korosi lubang/pitting corrosion baik pada anoda maupun katoda.
Copyrights © 2006