E-commerce berevolusi dengan web yang mempunyai kapabilitas meningkatkan partisipasi pelanggan dan meningkatkan nilai ekonomi. Fenomena tersebut dikenal dengan istilah social commerce (s-commerce). Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menerapkan model kepuasan pelanggan pada tiga s-commerce yaitu tokopedia.com, bukalapak.com dan lazada.co.id. Penelitian ini menggunakan metode statistik Struktural Equation Modelling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dan perangkat lunak SmartPLS untuk membuktikan hubungan antar variabel penelitian. Variabel yang diambil meliputi kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengisian kuisioner dengan responden sebanyak 400 pengguna internet di Provinsi Lampung. Dari model yang diterapkan didapat hasil bahwa tokopedia menempati urutan pertama social commerce di Provinsi Lampung.Kata kunci: s-commerce, kualitas website, SEM, SmartPLS, system, service, informasi
Copyrights © 2017