Jurnal Teknoinfo
Vol 11, No 1 (2017): Januari

Analisis Perbandingan Social Commerce Dari Sudut Pengguna Website

Dyah Ayu Megawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2017

Abstract

E-commerce berevolusi dengan web yang mempunyai kapabilitas meningkatkan partisipasi pelanggan dan meningkatkan nilai ekonomi. Fenomena tersebut dikenal dengan istilah social commerce (s-commerce). Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menerapkan model kepuasan pelanggan pada tiga s-commerce yaitu tokopedia.com, bukalapak.com dan lazada.co.id. Penelitian ini menggunakan metode statistik Struktural Equation Modelling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dan perangkat lunak SmartPLS untuk membuktikan hubungan antar variabel penelitian. Variabel yang diambil meliputi kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengisian kuisioner dengan responden sebanyak 400 pengguna internet di Provinsi Lampung. Dari model yang diterapkan didapat hasil bahwa tokopedia menempati urutan pertama social commerce di Provinsi Lampung.Kata kunci: s-commerce, kualitas website, SEM, SmartPLS, system, service, informasi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

teknoinfo

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknoinfo is a peer-reviewed scientific Open Access journal that published by Universitas Teknokrat Indonesia. This Journal is built with the aim to expand and create innovation concepts, theories, paradigms, perspectives and methodologies in the sciences of Informatics Engineering. The ...