HARMONI
Vol 2, No 1 (2018)

AMPLIFIKASI PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN LAGU DI KELAS 3C SDN UNGARAN 01 KABUPATEN SEMARANG

Jati, Ariya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

ABSTRAKArtikel ini berkenaan dengan penggunaan lagu untuk mengamplifikasi pengajaran Bahasa Inggris di kelas 3C SDN Ungaran 01 Kabupaten Semarang. Lagu turut digunakan dengan pertimbangan bahwa pengajaran Bahasa Inggris di SDN tersebut belum menggunakannya sebagai amplifikasi. Tujuan amplifikasi ini adalah adanya variasi dalam pengajaran Bahasa Inggris, yakni dengan menggunakan lagu berbahasa Inggris yang dinilai sesuai dengan materi Bahasa Inggris untuk kelas 3 Sekolah Dasar. Amplifikasi ini menerapkan metode engage, study, and activate (ESA), dengan data yang diperoleh melalui classroom observation. Luaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah lembar kerja untuk satu tema ajar. Dalam pelaksanaannya, amplifikasi dengan menggunakan metode ESA ini dapat dipraktekkan dengan mudah. Diharapkan amplifikasi ini dapat digunakan oleh setiap dosen yang mempunyai minat terhadap pengajaran bahasa Inggris. Kata kunci: children songs, receptive and productive skills, ESA model, classroom observation, worksheet  

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

harmoni

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Harmoni (E ISSN 2599-1795) merupakan jurnal berbasis pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada tiga bidang keilmuan yaitu Bahasa, Sastra, dan Budaya. Jurnal Harmoni dikelola oleh Departemen Linguistik Universitas Diponegoro dalam hal ini Program Studi Sastra Inggris dan Prodi Bahasa dan ...