Pembelelajaran Geografi pada tingkat SMA pada materi menjadi masalah yang membingungkan dalam pemahaman konsep siswa terhadap lithosfer. Banyaknya istilah batuan dan prosesnya banyak konsep yang harus dimiliki oleh siswa dalam proses belajaranya. Maka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi pada siswa kelas X SMA dalam materi litosfer. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan dan validasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes Pilihan Ganda Tiga Tingkat (Three-Tier Multiple Choice). Analisis data dengan Uji validitas, Uji Reliabilitas dan Analisis kombinasi jawaban pada Three-Tier. Hasil penelitian sebagai berikut: (1). Kategori miskonsepsi yang paling tinggi yaitu Miskonsepsi (MS) 38% dan kategori yang lainnya yaitu Memahami Konsep (MK) 30%, Kurang Pengetahuan (KP) 23% dan Error (ER) 9%. (2). Miskonsepsi yang terjadi pada siswa diindikasikan dalam proses pembelajaran guru banyak menggunakan metode mengajar dengan ceramah sehingga miskonsepsi siswa pada materi litosfer sulit dalam menjelaskan dan mendiskripsikan jenis, proses dan bentukan hasil batuan pada lapisan litosfer.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018