Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 1, No 2 (2018)

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Generative Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar

Azhari P Siregar (Unknown)
R. Risnawati (Unknown)
Erdawati Nurdin (Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika yang valid dan praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Persamaan Linear Dua Variabel. Pengembangan bahan ajar berupa LKS mengikuti model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Siak Hulu di Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid ( ) dan sangat praktis (  untuk kelompok kecil dan  untuk kelompok besar). Sedangkan nilai   sebesar  dan nilai  pada taraf signifikan  sebesar  maka  atau , sehingga  diterima dan  ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis berbasis Model Generative Learning ini telah valid, praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...