Theorems (The Original Research of Mathematics)
Vol 2, No 2 (2018)

Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa

Erik Santoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2018

Abstract

Abstrak—Rendahnya pemahaman matematik harus menjadi fokus guru dalam merancang pembelajaran yang mengtasi permasalahan tersebut. Hal ini dikarenakan kemampuan pemahaman matematik merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematik setelah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X MM 1 SMK Galuh Rahyau dengan jumlah siswa 38 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Hopkins, dan dilakukan sebanyak dua siklus. Penelitian berkolaborasi dengan satu orang guru matematika di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa kelas X MM 1 SMK Galuh Rahayu. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari meningkatkan kemampuan pemahaman matematik setiap siklusnya. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa, Pembelajaran BerbasisMasalah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

th

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of THEOREMS (The Original Research of Mathematics) published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka, that contains writings from innovative and relevant research and conceptual studies related to mathematics and / or the ...