Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 2, No 1 (2017): Februari 2017

Motivasi Mahasiswa dalam Mengakses Sosial Media Ask.fm (Studi pada Mahasiswa Fakulas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala)

Winda Ulfa (Unknown)
Alamsyah Taher (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2017

Abstract

ABSTRAK - Skripsi ini berisi penelitian yang berjudul “Motivasi Mahasiswa dalam Mengakses Sosial Media Ask.fm (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa motivasi mahasiswa dalam mengakses sosial media Ask.fm. Ask.fm menjadi salah satu sosial media yang sedang digemari di Indonesia, khususnya mahasiswa di Aceh. Kemunculan Ask.fm menghadirkan warna baru pada sosial media, format Question and Answer pada Ask.fm menjadikan sosial media ini berbeda dengan sosial media lainnya. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposif, yaitu menentukan informan berdasarkan kriteria informan penelitian. Subjek dari penelitian ini adalah lima mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah yang mengakses Ask.fm. Teori Uses and Gratifications adalah teori yang digunakan pada penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara semistruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mendasari mahasiswa dalam mengakses Ask.fm. Motivasi yang mendasari mahasiswa adalah motivasi mengakses sosial media menurut McQuail, yaitu motivasi informasi, identitas pribadi, integritas dan interaksi sosial, dan hiburan. Motivasi yang paling dominan adalah motivasi informasi dan hiburan. Kata Kunci : Motivasi mengakses sosial media, Ask.fmABSTRACT - This script contains a research entitled "Students Motivation in the Social Media Accessing the Ask.fm (The Study of at Faculty of Economics and Business Unsyiah Students)”. The aim of this research is to find out what students motivation in accessing social media Ask.fm. Ask.fm becomes one of the social medias that is being popular in Indonesia, especially students in Aceh. The Emergence of Ask.fm presents new colors in the social media such as Question and Answer format on the Ask.fm and creates the social media different from others. Technique of determination informants uses purposive technique, namely; determines informant based on the criteria of informant research.The subjects of this research were five students of the Faculty of Economics and Business Unsyiah accessing the Ask.fm. Uses and Gratification theories are used in this research.The research method used is qualitative by descriptive research type. The data collection technique are observation and semi-structured interviews. The results showed motivation based on the students in accessing Ask.fm. Type of Motivations which is used by students is the motivation of access of media by McQuail, namely; motivation to gain information, personal identity, integrity and social interaction and entertainment. The most dominant motivations are the motivation to get information and entertainment.Keywords: Motivation of access of media, Ask.fm

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...