ABSTRAK - Judul penelitian ini adalah “Motivasi Mahasiswa Bergabung Dalam Media Sosial Instagram (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsyiah yang Menggunakan Instagram)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui motivasi mahasiswa bergabung dalam media sisoal Instagram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Uses and Gratification sebagai teori utama dan teori Motivasi Abraham H. Maslow sebagai teori pendukung. Teori ini lebih menekankan individu sebagai pengguna media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut secara aktif melalui motif-motif mereka masing-masing. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP jurusan Ilmu Komuniksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara semi terstruktur, dan studi dokumentasi. Teknik pemilihan informan yang digunakan ialah teknik purposif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2017 terhadap 6 informan dengan kriteria mahasiswa Ilmu Komunikasi yang terdaftar dan menggunakan Instagram kurang lebih 1 tahun. Hasil penelitian ini diperoleh bahawa ada beberapa motif yang memotivasi mahasiswa bergabung dalam media sosial Instagram, motif-motif tersebut adalah motif informasi, motif aktualisasi diri, motif hiburan dan bisnis. Kata Kunci : Media Sosial Instagram, Motivasi Mahasiswa.(STUDENT MOTIVATION JOINING SOCIAL MEDIA INSTAGRAM (STUDIES IN STUDENT COMMUNICATION STUDIES DEPARTMENT OF SOCIAL UNSYIAH USING INSTAGRAM)) ABSTRACT – The title of this research is "Student Motivation Joining Social Media Instagram (Studies in Student Communication Studies Department of Social Unsyiah Using Instagram)". This study aims to know the motivation of the students joined in the media sisoal Instagram. The approach used in this study is a qualitative approach with descriptive methods. In this study, researchers used the Uses and Gratification theory as the main theoretical and Abraham H. Maslow theory of motivation as a supporter of the theory. This theory emphasizes the individual as the media play an active role to select and use the media actively through their motives respectively. Informants in this study were students of Faculty of Social Science majors new communicates. The data collection technique used was semi-structured interviews, and documentation. Informant selection technique used is purposive technique. This study was conducted in February 2017 to 6 informants criteria Communication Sciences students enrolled and use Instagram approximately 1 year. Results of this study was obtained that there are several motives that motivate the students joined the social media Instagram, these motives are motives information, the motive of self-actualization, entertainment and business motives. Keywords: Social Media Instagram, Student Motivation.
Copyrights © 2017