ABSTRAKPenelitian ini mengangkat masalah bagaimana hubungan antara keharmonisan keluarga dan kehadiran anak di sekolah. Bahwa lingkungan khususnya keluarga memberikan pengaruh terhadap kehadiran belajar anak di sekolah. Siswa yang memiliki keluarga yang harmonis akan mendapat perhatian, kasih sayang yang penuh dari orang tuanya, sehingga motivasi belajarnya di sekolah meningkat dan kehadiran di sekolah pasti akan meningkat pula. Sebaliknya, keluarga yang tidak harmonis akan berdampak pada kurangnya perhatian dan kasih sayang, sehingga kehadiran untuk mengikuti kegiatan di sekolah akan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan keharmonisan keluarga dan kehadiran belajar siswa pada siswa siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan teori Struktural Fungsional untuk menjelaskan masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif untuk menjelaskan masalah penelitian yang menjadi populasi penelitian seluruh siswa angkatan X dan XI di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Kota Banda Aceh. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 126 sampel yaitu orang tua siswa siswi dan siswa-siswi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Alat ukur angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket keharmonisan keluarga yang telah diteliti oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dalam SPTK (Survei Pengukuran Tingkat Kebahagian) 2017 dan kehadiran belajar berdasarkan kehadiran siswa di sekolah. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan indeks reliabelitas untuk instrumen keharmonisan keluarga 0,923 dan 0,982 untuk instrumen kehadiran belajar siswa yang berarti keduanya reliabel. Teknik analisis yang menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara keharmonisan keluarga dan kehadiran belajar siswa pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Kota Banda Aceh. Hubungan itu ditunjukkan oleh hasil korelasi yang dilakukan dengan bantuan SPSS 21. Uji korelasi keharmonisan keluarga dan kehadiran belajar siswa dengan indeks 0,288 yang membuktikan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara keharmonisan keluarga dan kehadiran belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negri (SMAN) 5 Kota Banda Aceh. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi keharmonisan keluarga maka semakin tinggi juga kehadiran belajar siswa di sekolah. Kata Kunci: Keharmonisan Keluarga, Kehadiran Belajar, Remaja Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Banda Aceh.Relationship Between Family Harmonius Marriage and The Presence of Student at Senior High School (SMAN) 5 at Banda Aceh CityABSTRACTThis study deals with the an explanation of the relationship between family harmonius marriage and the presence of children who are now at high school. It is assumed that harmony in family life has some effects in their children at school. Students who have a harmonious family will get attention, full affection from their parents, so that the motivation of learning in school increases and attendance at school will surely increase as well. Conversely, a family that is not harmonious will have an impact on the lack of attention and affection, so that attendance to follow activities in school will decrease. This study aims to determine how far the relationship of family harmony and the presence of student learning in high school students (SMAN) 5 Banda Aceh. This research uses Functional Structural theory to explain the research problem. This research uses correlation method with quantitative approach to explain research problem becoming research population of all student of class X and XI at State Senior High School (SMAN) 5 Banda Aceh. Determination of sample by using technique of Simple Random Sampling. The sample involved in this research amounted to 126 samples of parents of students and students at State Senior High School (SMAN) 5 Banda Aceh. Data collection techniques using questionnaires. The questionnaire used in this study is a family harmony questionnaire that has been studied by the Central Bureau of Statistics (BPS) in SPTK (Survey of Measurement of Happiness) 2017 and attendance based on student attendance at school. Reliability test using Alpha Cronbach shows reliability index for family harmony instruments 0,923 and 0,982 for student attendance instrument which mean both are reliable. Analyze technique using Pearson Product Moment correlation. The result of the research shows the relationship between family harmony and student attendance at State Senior High School (SMAN) 5 Banda Aceh. The relationship was shown by the correlation result done with the help of SPSS 21. The correlation test of family harmony and student learning attendance with index of 0,288 proves that there is a significant correlation between family harmony and student attendance at State Senior High School (SMAN) 5 Banda Aceh . This can be interpreted that the higher the family harmony the higher the presence of student learning in school.Keywords: Family Harmony, Student Achievement , Senior High School, Senior High (SMAN) 5 Banda Aceh.
Copyrights © 2018