Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 2, No 1 (2017): Februari 2017

Pengaruh Terpaan Iklan Layanan Masyarakat Indonesia Anti Kaki Gajah di Televisi Terhadap Sikap Masyarakat di Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen (The Exposure Effects of Public Service Adverstising Indonesia Anti-Elephantiasis Against Public Attitudes in Peudada District, Bireuen Regency)

Titta Hudja (Unknown)
Dahlan Dahlan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2017

Abstract

 ABSTRAK - Penelitian ini berjudul “Pengaruh Terpaan Iklan Layanan Masyarakat Indonesia Anti Kaki Gajah Terhadap Sikap Masyarakat di Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan iklan layanan masyarakat Indonesia Anti Kaki Gajah (variabel X) terhadap sikap masyarakat di Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen (variabel Y). Populasi pada penelitian ini adalah 21.050 orang dan setelah menggunakan rumus Slovin dengan kelonggaran ketidaktelitian 10% dari jumlah populasi, maka besarnya sampel yang diambil adalah sebanyak 100 responden yang berkependudukan di Kecamatan Peudada. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model think/feel/do dimana periklanan harus dapat memotivasi orang untuk memikirkan pesan, merasakan sesuatu dari brand dan melakukan sesuatu seperti yang diinginkan pengiklan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang skala pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik dengan program SPSS versi 21.0 yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis, uji one sample kolmogorov smirnov, uji regresi linear sederhana serta menjelaskan kuesioner eksplanasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung adalah 4,264 dan nilai ttabel pada α 0,05 pada uji  2 sisi diketahui 1,984. Berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu jika thitung lebih besar dari ttabel (4,264 1,984) maka Ha diterima, artinya terpaaan iklan layanan masyarakat Indonesia Anti Kaki Gajah berpengaruh signifikan dan positif terhadap sikap masyarakat di Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen.Kata Kunci:   Terpaan iklan layanan masyarakat dan penyakit kaki gajah ABSTRACT - This study, entitled "The Exposure Effects of Public Service Adverstising Indonesia Anti-Elephantiasis Against Public Attitudes in Peudada District, Bireuen Regency ". This study attempts to know how big the influence of the exposure of public service advertising Indonesia Anti elephantiasis (variable X) to attitudes of community in the Peudada District, Bireuen (variable Y). The population is 21.050 people and after using the Slovin formula with the degree of error is 10% of the total population, the size of the samples that taken were 100 respondents who settled in the Peudada District. The theory that used in this study is a think/ feel/do model where advertisement should be able to motivate people to think about the message, felt something of a brand and do something like that advertisers want. The Primary data in this study were obtained from questionnaires measurement scale which is using the Likert scale and processed statistically with SPSS version 21.0. The Criteria were tested including the validity and reliability, hypothesis testing, one sample Kolmogorov Smirnov test, simple linear regression test and to explain the questioner explication. Based on the results of the research, it can be concluded that the hypothesis test results are obtained that tcalculate value is 4,264 and the ttable value with α 0.05 at 2 Sides test known is 1,984. Based on the hypothesis criteria test which if tcalculate value is greater than ttable (4.264 1.984), then Ha is accepted, this means that the exposure of public service advertising Indonesia Anti elephantiasis is significant and impact positively against the attitudes of community in Peudada District, Bireuen Regency.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...