Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 3, No 2 (2018): Mei 2018

Political Branding Basuki Tjahaja Purnama Dalam Berita Penistaan Agama Di Metro TV

Siti Sharrah Dzundza (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas llmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala)
Dr. Hamdani M. Syam, MA (Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2018

Abstract

ABSTRAK - Marketing politik perlahan dengan pasti masuk ke dalam Indonesia. Kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama pada akhir November 2016 membuat warga Indonesia terkejut. Hal ini juga berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap Basuki Tjahaja Purnama. Metro TV sebagai televisi berita yang ikut memberitakan Ahok bahkan sempat dicap sebagai televisi yang mendukung Ahok. Tujuan penelitian Wacana Political Branding Basuki Tjahaja Purnama Dalam Berita Penistaan Agama Di Metro TV adalah untuk mengetahui deskripsi teks yang dibangun oleh redaksi Metro Hari Ini pada berita penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama. Untuk mengetahui model koginisi sosial dan konteks sosial pada pemberitaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama. Teori dan konsep yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Van Dijk. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yakni studi pustaka dan hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah, tayangan Raising A Leader: Basuki Tjahaja Purnama di Metro TV bertujuan untuk memperbaiki citra Ahok yang dianggap intoleran dan menistakan agama Islam. Pada tayangan ini juga Ahok dicitrakan oleh Metro TV sebagai salah satu masyarakat yang mempunyai karakter pemimpin. Hal ini juga bertujuan untuk meluruskan polemik yang sudah terjadi di mayarakat yang menganggap jika Ahok merupakan pemimpin yang anti Islam. Tayangan ini juga berefek pada opini publik yang bisa berganti yang berawal tidak setuju menjadi setuju dengan Ahok. Hal ini dikarenakan tayangan dokumenter Raising A Leader: Basuki Tjahaja Purnama mampu mempengaruhi sisi afektif dari pemirsa. Keyword: Basuki Tjahaja Purnama, Political Branding, Analisis WacanaPolitical Branding Basuki Tjahaja Purnama In The News The Defamation Of Religion In Metro TVABSTRACT - Political marketing slowly but sure is getting popularly employed in Indonesia. Blasphemy case which was committed by Basuki Tjahja Purnama in late November, 2016, was shocking many Indonesians. This affects people’s trust towards Basuki Tjahja Purnama. Metro TV as a news television channel which was actively involved in reporting Ahok, even it was once branded as a television channel that supported Ahok.  The aim of the research of Political Branding Discourse of Basuki Tjahja Purnama on Blasphemy News Report in Metro TV is to identify the text description created by Metro Hari Ini editorial board regarding the news report on blasphemy which was committed by Basuki Tjahaja Purnama. To identify the social cognition model and social context of the news report on blasphemy committed by Basuki Tjahaja Purnama. Van Dijk Theory was used as the basic theory and concept of this study. This study is  a qualitative study with the property of explanatory research. This study used data collecting technique which included literature study and interview. The result of this study signifies that the television program named, Raising A Leader : Basuki Tjahaja Purnama, in Metro TV, had a purpose to restore Ahok’s reputation which had been closely associated with intolerance and Islam blasphemy. On this television program, Ahok was depicted by Metro TV as a member of the society who had a character of leadership. The purpose was also to straigthen the polemic which had happened in society and considered Ahok as an anti-Islam leader. The television program also influenced public opinion which was changed from a disagreement to an agreement with Ahok. This is due to documentary show of Raising A Leader: Basuki Tjahaja Purnama was capable to influence audience’s affect.Keyword: Basuki Tjahaja Purnama, Political Branding, Discourse Analysis   

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...