Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 2, No 3 (2017): Agustus 2017

Pengaruh Iklan Politik Baliho Sebagai Bagian Dari Strategi Kampanye T. Irwan Djohan Pada Pemilu Legislatif di Kota Banda Aceh Tahun 2014

Regina Yulandari (ILMU POLITIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA)
Zainal Abidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2018

Abstract

 ABSTRAK Iklan politik merupakan strategi kampanye yang sangat menjanjikan dan menjadi strategi kampanye andalan bagi setiap calon kandidat. Karena dengan iklan politik khususnya baliho masyarakat bisa menilai karakter calon kandidat walaupun tidak bertatap muka langsung. Seperti T. Irwan Djohan yang menggunakan iklan politik baliho sebagai bagian dari strategi kampanye beliau pada pemilu legislatif di Kota Banda Aceh tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pengaruh iklan politik baliho yang digunakan oleh T. Irwan Djohan dalam memenangkan pemilu legislatif, serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan masyarakat memilih T. Irwan Djohan pada pileg di Kota Banda Aceh tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder, data primer melalui penelitian lapangan yaitu dengan wawancara informan. Sedangkan data sekunder melalui penelitian kepustakaan yaitu dengan dokumen-dokumen, buku-buku dan bacaan-bacaan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh iklan politik baliho sebagai bagian dari strategi kampanye T. Irwan Djohan pada pileg di Kota Banda Aceh tahun 2014, memberikan pengaruh yang sangat efektif terhadap masyarakat atau pemilih. Sehingga T. Irwan Djohan dapat memenangkan pileg pada tahun 2014. Adapun faktor yang menyebabkan masyarakat memilih T. Irwan Djohan pada pileg 2014 diantaranya karena pertama, pendekatan T. Irwan Djohan kepada masyarakat melalui kampanye dinilai sangat baik dan ramah oleh masyarakat. Kedua, dilihat dari rekam jejak masa lalunya T. Irwan Djohan merupakan dari Alm. Mayor Jendral H. Teuku Djohan yang juga pernah menjabat beberapa jabatan penting di Aceh. Ketiga, pesan-pesan politik yang disampaikan T. Irwan Djohan melalui iklan politik balihonya juga menarik simpati masyarakat yang dinilai sangat bagus dan terkesan tidak memaksa. Kepada T. Irwan Djohan diharapkan agar dapat meningkatkan kualitas diri pada masa mendatang baik dalam pertanggungjawaban kepada masyarakat serta memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat Kota Banda Aceh khususnya..Kata Kunci : Iklan Politik Baliho, Pemilu legislatif tahun 2014 ABSTRACTPolitical advertising is a very promising campaign strategy and a flagship campaign strategy for every candidate. Because with political advertisements, especially billboards people can judge the candidate's character even though not face to face face to face. Such as T. Irwan Djohan who uses political advertising baliho as part of his campaign strategy in legislative elections in Banda Aceh City 2014. This study aims to find out how effective the influence of political advertising baliho used by T. Irwan Djohan in winning legislative elections, To find out what factors are causing people to choose T. Irwan Djohan at pileg in Banda Aceh City 2014. This research uses qualitative method with descriptive approach. Data obtained through primary and secondary data sources, primary data through field research that is with Interview informant. While the secondary data through literature research that is with documents, books and related reading. The results show that the influence of billboards political advertising as part of T. Irwan Djohan's campaign strategy in the city of Banda Aceh in 2014, has a very effective effect on society or voters. So T. Irwan Djohan can win pileg in 2014. The factors that cause people to choose T. Irwan Djohan on 2014 pileg of them because first, T. Irwan Djohan's approach to the community through the campaign is considered very good and friendly by the community. Second, Seen from the track record of his past T. Irwan Djohan is from Alm. Major General H. Teuku Djohan, who also held several important positions in Aceh. Third, The political messages conveyed by T. Irwan Djohan through his billboards political advertisement also attracted the sympathy of the people who were considered very good and not impressed. To T. Irwan Djohan expected to be able to improve the quality of self in the future both in accountability to society and give good contribution for society of Banda Aceh especially.Keywords: Political Advertising Baliho, legislative election year 2014  

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...