Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 2, No 4 (2017): November 2017

Analisis Penggunaan dan Manfaat SMS (Short Message Service) Gateway Oleh Ombudsman RI Perwakilan Aceh Sebagai Media Laporan Pengaduan Publik

Ahmad Fauzan Nazar (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2017

Abstract

ABSTRAKSMS gateway merupakan saluran media sebagai salah satu caramempermudah masyarakat untuk melaporkan setiap kejadian yangmenyangkut pelayanan publik. Ombudsman RI Perwakilan Aceh telahmembuat inovasi yaitu memanfaatkan sistem aplikasi berbasis online yaitupenggunaan layanan SMS gateway untuk mengakomodir setiap laporanpengaduan publik khususnya masyarakat Aceh terkait maladministrasi dilingkungan pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipenggunaan dan manfaat SMS gateway serta faktor apa saja yang menjadikendala maupun hambatan yang ada. Pada penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif, adapun data primer ditentukan dengan teknikobservasi dan wawancara, sedangkan data sekunder digunakan melaluistudi kepustakaan. Analisis data dilakukan secara simultan sejak prosespengumpulan data, interpretasi data dan penulisan naratif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa penggunaan dan pemanfaatan SMSgateway sebagai salah satu saluran media yang mengakomodir laporanpengaduan masyarakat terkait maladministrasi di Provinsi Aceh belummaksimal, dari tiga fitur yang umum dimanfaatkan pada aplikasi SMSgateway, Ombudsman RI Perwakilan Aceh hanya memanfaatkan satu fituryaitu auto replay. Kendala yang dihadapi oleh Ombudsman RI PerwakilanAceh diantaranya belum ada anggaran biaya operasional khusus,minimnya SDM yang mampu mengelola SMS gateway, mengalami troublesystem. Hambatan yang ada seperti kesulitan mengkonfirmasi kembali pelapor, sehingga masyarakat masih enggan menggunakan layanan SMS gateway ini.Kata kunci : SMS gateway, Ombudsman, PublikABSTRACTSMS gateway is a mean of media to help public to report the problems they face regarding to public services. Ombudsman of Republic of Indonesia had made inovation by using online based system application called SMS gateway to accomodate any kind of maladministration the public might face, especially the public of Aceh. This research is aimed to figure out the use and advantages of SMS gateway and the obstacle that might occur in this system. This research use qualitative approach, whereas the main data collected from interview and observation, while the secondary data is analysed by mean of library study the analysis was simultaneously process since the beginning of data collection, interpretation and narative writing. The result shows that the use of SMS gateway is yet optimal in term of it service. From three features those are generally use in this system, only tha auto reply service that used by Ombudsman of Aceh Province. There are some obstacle faced by Ombudsman of Aceh Province, such as inavailability of specific operational fund, lack of human resource and also trouble system. In addition, the hurdles to confrim the report recieve from public as public tend to avoid using this service.Key Word : SMS gateway, Ombudsman, Public

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...