ABSTRAK- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan pasar modern dan online yang dapat menurunkan reputasi pasar tradisional ditengah-tengah masyarakat, sehingga pasar tradisional harus meningkatkan berbagai fasilitas serta harga yang bersaing agar dapat memberikan kenyamanan, dan melakukan promosi untuk menarik kembali para pelanggan. Salah satu strategi promosi yang fenomenal adalah word of mouth communication. penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh yang muncul dari word of mouth communication terhadap keputusan pembelian di Pasar Atjeh Shopping Centre pada kalangan mahasiswa Unsyiah. Landasan teoritis yang digunakan pada penelitia ini adalah Model DAGMAR. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan mahsiswa aktif di lingkungan Universitas Syiah Kuala yang perneh melakukan pembelian di Pasar Atjeh Shopping Centre berdasarkan word of mouth communication. Pengolahan analisis data pada penelitian ini menggunakan software pengolahan data statistic yaitu SPSS versi 24.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel (thitung 10,321 ttabel 1,984). Sehingga dapat disimpulkan bahwa word of mouth communication mempemgaruhi keputusan pembelian di Pasar Atjeh Shopping Centre pada kalangan mahasiswa Unsyiah.Kata Kunci: Word of Mouth Communication, Keputusan Pembelian. ABSTRACT - This research was motivated by the rapidity of modern market and online market development which cause to reduce the reputation of traditional market in the society, so that traditional market have to upgrade every facilities and competitiv price in order to extend pleasure, and doing promotion to extract the custumer. One of the phenomenal promotion strategy is word of mouth communication. The purpose of this research is to measure how imortant the effect that caused by word of mouth communication toward the buying decision of Unsyiah students in Pasar Atjeh Shopping Centre. The theory that used in this research is DAGMAR model. Research method that used is quantitative explanation. The samples that used in this research are 100 respondent from Unsyiah active students who do purchase in Pasar Atjeh Shopping Centre by word of mouth communication. Data analysis technique that used in this research in version 24.0 of SPSS software. According to the result of the research, know that tcount is bigger than ttable (tcount 10,321 ttable 1,984). In this case, the conclusion is word of mouth communication influences the buying decision of Unsyiah students in Pasar Atjeh Shopping Centre.Key Words : Word of Mouth Communication, Buying Decision.
Copyrights © 2017