ABSTRAKPada pemilu legislatif 2014 NasDem memiliki satu kursi dari kecamatan Delima, Calon yang lolos tersebut adalah Tgk Abdullah Ali. Kemenangan setiap anggota partai tidak terlepas dari strategi-strategi yang digunakan. Selain peran partai dan kader partai NasDem pada pemilu Legislatif 2014, peneliti juga melihat adanya partisipasi masyarakat desa di kecamatan Delima yang menjadikan pemilu Legislatif 2014 sebagai awal dari pembangunan politik yang modern tanpa ada pemaksaan dalam menentukan pilihan.Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui tingkat keberhasilan strategi Tgk. Abdullah Ali dalam memenangkan pemilu Legislatif 2014 di Kecamatan Delima kabupaten pidie dengan menggunakan Teori Strategi Marketing Politik yaitu, Produk, Promosi, Harga dan Place (tempat). Produk yang ditawarkan kepada konsumen (pemilih). Promosi yang memperhatikan tingkat elektabilitas calon melalui media promosi. Dalam politik, harga digolongkan ke dalam tiga hal yaitu, harga ekonomi, harga psikologis, dan harga image (citra) nasional. Teori Kampanye Public Relation dalam arti sempit bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat (target audience) untuk menumbuhkan persepsi atau opini yang positif terhadap suatu kegiatan dari lembaga atau organisasi (corporate activities) agar tercipta suatu kepercayaan dan citra yang baik dari masyarakat melalui penyampaian pesan secara intensif.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui sumber data primer dan data sekunder, data primer melalui penelitian lapangan yaitu dengan melakukan wawancara kepada informan. Sedangkan data sekunder melalui penelitian kepustakaan yaitu dengan dokumen-dokumen, buku-buku dan bacaan-bacaan terkait.Hasil dari penelitian ini menunjukkan suatu keberhasilan yang dicapai oleh Tgk. Abdullah Ali, anggota Partai NasDem dalam mengatur strategi baru yang dapat diterima oleh masyarakat. Penyusunan Strategi politik dilakukan dengan memperhatikan unsur budaya, pendidikan dan ekonomi masyarakat. Sebagaimana masyarakat di Kecamatan Delima yang sangat peduli dalam melestarikan budaya, pendidikan agama dan juga rata-rata masyarakat berpenghasilan dari bertani. Adapun hal yang menarik dalam penelitian ini untuk dikaji adalah Tgk. Abdullah Ali, calon anggota legislatif dari partai Nasdem dapat memenangkan pemilu legislatif di wilayah basis Komite Peralihan Aceh (KPA) yang secara langsung mereka juga tergabung kedalam Partai Aceh (PA) di Kecamatan Delima.Kesimpulan dari Penelitian ini adalah Strategi yang digunakan Tgk. Abdullah Ali adalah Strategi Produk, Promosi, Harga dan Place (tempat). Keberhasilan Tgk. Abdullah Ali dalam menjalankan keempat strategi ini dan teknik kampanye Public Relation dalam meningkatkan kesadaran dan menumbuhkan persepsi positif terhadap lembaga politik atau Partai politik Nasional (NasDem). Tgk Abdullah Ali telah berhasil melakukan menjalankan strategi ini sehinggak masyarakat mampu merubah pola pikir dalam memberikan hak politiknya.Strategy of Tgk. Abdullah Ali in Winning The 2014 Legislative Election in Delima District, Pidie RegencyABSTRACTIn the 2014 legislative elections NasDem has one seat from Delima sub-district, the candidate who qualified is Tgk Abdullah Ali. The victory of each party member can not be separated from the strategies used. In addition to party roles and cadres of the NasDem party in the 2014 Legislative elections, researchers also see the participation of villagers in the Delima sub-district that makes the 2014 Legislative elections the beginning of modern political development without any compulsion in making choices.The purpose of this research is to know the success rate of Tgk strategy. Abdullah Ali in winning the 2014 Legislative elections in Kecamatan Pidie district Delima by using Political Marketing Strategy Theory, Product, Promotion, Price and Place. Products offered to consumers (voters). Promotion that pays attention to electability level of candidate through promotion media. In politics, prices are classified into three things, namely, economic prices, psychological prices, and image nationally. Public Relation Campaign Theory in the narrow sense aims to raise awareness and knowledge of the community (target audience) to cultivate a positive perception or opinion of an activity of the institution or organization (corporate activities) in order to create a trust and a good image of the community through the delivery of messages intensively .The research method used is qualitative research method with descriptive approach. Data obtained through primary data source and secondary data, primary data through field research that is by conducting interview to informant. While the secondary data through literature research that is with documents, books and related reading.The results of this study indicate a success achieved by Tgk. Abdullah Ali, a member of the NasDem Party in setting a new strategy that is acceptable to society. Preparation Political strategy is done by taking into account elements of culture, education and community economy. As people in Kecamatan Delima are very concerned in preserving the culture, religious education and also the average income from farming. The interesting thing in this research to be studied is Tgk. Abdullah Ali, a legislative candidate from the Nasdem party, can win legislative elections in the base region of the Aceh Transitional Committee (KPA) which they are also directly incorporated into Partai Aceh (PA) in Delima District.The conclusion of this research is the strategy used Tgk. Abdullah Ali is Product Strategy, Promotion, Price and Place. The success of Tgk. Abdullah Ali in carrying out these four strategies and techniques of Public Relations campaigns in raising awareness and fostering positive perceptions of political institutions or National Political Parties (NasDem). Tgk Abdullah Ali has succeeded in carrying out this strategy so people can change the mindset in giving their political rights.
Copyrights © 2018