Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 2, No 4 (2017): November 2017

PENGARUH BRAND AMBASSADOR VALENTINO ROSSI PADA IKLAN YAMAHA JUPITER MX TERHADAP MINAT BELI WARGA BANDA ACEH

ibrahim sihombing (Program studi ilmu komunikasi Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas syiah kuala)
Drs. Amsal Amri, M.Pd (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Brand Ambassador Valentino Rossi Pada Iklan Yamaha Jupiter Mx Terhadap Penurunan Minat Beli Warga Banda Aceh. Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada pengaruh brand ambassador Valentino Rossi pada iklan Yamaha Jupiter Mx terhadap penurunan minat beli warga Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador Valentino Rossi pada iklan Yamaha Jupiter Mx terhadap penurunan minat beli Warga Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu metode yang bertujuan mengembangkan dan menggunakan model yang matematis. Penelitian ini dilakukan di Kota Banda Aceh, dan yang dijadikan responden adalah masyarakat Kota Banda Aceh. Teori pendukung yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDDA. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Banda Aceh berusia 17 tahun ke atas, dari seluruh populasi dengan jumlah 159.769 orang. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane yakni menjadi 100 orang. Dengan teknik penarikan sample menggunakan Purposive sampling dengan teknik penarikan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan sebagian dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis di tolak karena karena berdasarkan table coeffisiens disimpulkan thitung untuk hipotesis adalah 1.635. Sedangkan untuk ttabel dapat diketahui α = 5% atau dengan signifikan = 0,05 pada uji dua sisi, dengan derajat kebebasan (df) diketahui n - 2 atau 100 - 2 = 98, maka diperoleh ttabel = 1.660.  Maka nilai thitung ttabel yaitu 1.635 1,660 dan nilai signifikan (lihat table analisis Koefisien Korelasi Product Moment)  yaitu 0,117 0,197 maka Ha ditolak artinya tidak ada pengaruh brand ambassador Valentino Rossi pada iklan Yamaha Jupiter Mx terhadap penurunan minat beli warga Banda Aceh.Kata kunci : Iklan Yamaha Jupiter Mx, brand ambassador, penurunan minat beliTitle: The Influence of Brand Ambassador Valentino Rossi on Yamaha Jupiter Mx Advertisement, toward the Interest of Buying by the Residents of Banda AcehAbstract: This study entitled ‘The Influence of Brand Ambassador Valentino Rossi on Yamaha Jupiter Mx Advertisement, toward the Interest of Buying by the Residents of Banda Aceh’. This study aims to determine the influence of Valentino Rossi as the brand ambassador of Yamaha Jupiter Mx, toward the citizens’ interest of buying. This research used quantitative method, which intends to develop and uses mathematical model. The research was conducted in Banda Aceh City, and the respondents were the residents of Banda Aceh City. The supporting theory used in this research was the theory of AIDDA. The population in this study was citizens of Banda Aceh aged 17 years old above, out of the entire population with 159,769 people. The research samples were obtained by using Taro Yamane formula, the samples became 100 people. For the samples, the technique used was Purposive Sampling and to collect the data, the instrument used was questionnaire. The result of the research shows that the hypothesis test indicated the rejection of hypothesis because based on the table; coefficients concluded thitung for hypothesis is 1.635. While ttabel can be known that α = 5% or with significant = 0.05 on two-sided test, with degrees of freedom (df) known as n - 2 or 100 - 2 = 98, then obtained ttabel = 1660. Then the value of thitung ttabel is 1.635 1.660 and significant value (see table Product Moment Correlation Coefficient analysis) that is 0.117 0.197 then Ha was rejected. It means there is no influence of brand ambassador Valentino Rossi on Yamaha Jupiter Mx ads toward the interest of buying of Banda Aceh residents. Keyword : Yamaha Jupiter Mx Advertisement, brand ambassador, the interest of buying

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...