Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 3, No 1 (2018): Februari 2018

HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN KEPUASAN PENGGUNA INSTAGRAM PADA FITUR SIARAN LANGSUNG (Studi Terhadap Mahasiswa FKIP Universitas Syiah Kuala Angkatan 2013)

Tiska Dewi (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala)
Alamsyah Taher (FKIP)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini berjudul Hubungan Motivasi Dengan Kepuasan Pengguna Instagram Pada Fitur Siaran Langsung (Studi Terhadap Mahasiswa FKIP Universitas Syiah Kuala Angkatan 2013). Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Motivasi dengan Kepuasan Penggunaan Instagram pada Fitur Siaran Langsung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Uses and Gratification yang dikuatkan dengan Teori Hierarki Kebutuhan dan Motivasi oleh Abraham Maslow. Pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. 94 sampel yang dipilih berdasarkan dengan kriteria sampel yang diinginkan merupakan Mahasiswa aktif di FKIP Universitas Syiah Kuala angkatan 2013. Mahasiswa yang memiliki akun instagram. Mahasiswa yang pernah melakukan fitur siaran langsung di media sosial instagram. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan instrumen kuesioner atau angket. Teknik pengolahan data menggunakan rumus Product Moment. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan yaitu terdapat hubungan antara motivasi dengan kepuasan pengguna fitur siaran langsung dalam kategori hubungan yang cukup berarti dengan nilai R sebesar 0,528, dimana angka tersebut berada pada skala Guilford dengan nilai 0,40-0,70 menandakan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti. Untuk hasil uji hipotesis diketahui nilai thitunguntuk variabel motivasi mahasiswa dalam menggunakan fitur siaran langsung ialah 5,968 sedangkan nilai ttabel  ialah 1,986 pada taraf signifikansi 5%. Penarikan kesimpulanya ialah jika thitung ttabel  maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi dengan kepuasan pengguna instagram pada fitur siaran langsung. The Relation of Motivation with Instagram Users Satisfaction on Live Feature (Study on FKIP Students of Syiah Kuala University Batch 2013).  This study entitled The Relation of Motivation with Instagram Users Satisfaction on Live Feature (Study on FKIP Students of Syiah Kuala University Batch 2013). The purpose of this study was to know the relation of motivation with Instagram Users satisfaction on live feature. The theory used in this study was Uses and Gratification which emphasized by Hierarchy of Needs and Motivation Theory by Abraham Maslow. The approach that was used was quantitative approach with descriptive study. Sampling technique that was used was purposive sampling, 94 sample was chosen based on sample criteria are active students of FKIP Syiah Kuala University Bacth 2013. Student who had Instagram account. Student who had used live feature in social media Instagram. Data was obtained by questionnaire. Data analysis was done with Product Moment formula. From this research we could conclude that there was relation between motivation and live feature users satisfaction in a very meaningful relation category with R value 0.528, where the number presented at Guilford scale with 0.40 – 0.70 signaling there was a very meaningful relation. For hypothesis examination known that thitung  for motivation variable on using live feature was 5.968 whilst ttable was 1.986 at 5% significance rate. The conclusion drawn was if thitung ttabel then Ha accepted. We could conclude there was significant and positive relation between motivation with Instagram user satisfaction on live feature.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...