Efektivitas Kegiatan Public Relations Online Melalui Website Sebagai Pendukung Strategi Pemasaran di Hotel Bayu Hill TakengonABSTRAK – Penelitian ini berjudul “Efektivitas Kegiatan Public Relations Online Melalui Website Sebagai Pendukung Strategi Pemasaran di Hotel Bayu Hill Takengon”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh kegiatan PR Online yang mempublikasi informasi perusahaan melalui website www.bayuhill.com kepada khalayak sasaran dapat berpengaruh positif terhadap tingkat pemasaran perusahaan di Hotel Bayu Hill Takengon. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hierarchy Of Effect dari Rober J. Lavidge dan Gery Steiner (1961), dengan fokus penelitian Efektivitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang pihak perusahaan yaitu humas dan marketing serta 8 orang konsumen yang dipilih berdasarkan teknik purposive. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan PR Online di Hotel Bayu Hill Takengon yang melakukan publikasi informasi dan produk jasa melalui website www.bayuhill.com dinilai sudah mampu mempengaruhi tingkat pemasaran, meskipun data yang diperoleh hanya berdasarkan 2 orang konsumen dari 8 orang konsumen yang diwawancara, karena pembuktian hal demikian terlepas dari seberapa banyak jumlah konsumen yang meresponnya. Disamping itu, terdapat strategi lainnya yang sangat efektif dalam mendukung pemasaran Hotel Bayu Hill Takengon disaat merupakan strategi yang tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali yaitu komunikasi secara langsung dengan konsumen dan Strategi Word Of Mouth (penyebaran informasi dari mulut ke mulut). Kata Kunci: Efektivitas, Public Relations Online, Strategi PemasaranThe Effectiveness of Online Public Relations Activity through Website as Marketing Strategy Support at Hotel Bayu Hill TakengonABSTRACT - This study titled "The Effectiveness of Online Public Relations Activity through Website as Marketing Strategy Support at Hotel Bayu Hill Takengon". The purpose of this study is to determine how far the Online Public Relations activity that publish corporate information through website www.bayuhill.com to the target audience can be a positive influence for the marketing level of company at Hotel Bayu Hill Takengon. The theory used in this research is the Hierarchy Of Effect model by Rober J. Lavidge and Gery Steiner (1961), with a focus on effectiveness. This is a descriptive qualitative study. Informants in this study consisted of 2 people from the company there are a public relations and a marketing as well as 8 consumers were selected based on purposive technique. Data collection methods used in this research are interview, observation and documentation. The results showed that the Online Public Relations activity at Hotel Bayu Hill Takengon which publishes information and products services through website www.bayuhill.com is considered to have been able for the marketing level, although the data obtained only based on 2 consumers from the 8 consumers who interviewed, because the proof is so regardless of how many consumers respond. In addition, there are other strategies that very effective in supporting the marketing of Hotel Bayu Hill Takengon when it is a strategy that does’nt need to cost anything at all is direct communication with consumers and Word Of Mouth Strategy. Keywords: Effectiveness, Online Public Relations, Marketing Strategy
Copyrights © 2017