ABSTRAKPartai Aceh merupakan salah satu Partai Politik lokal yang mengikuti pemilu, Partai Aceh dapat meraih suara terbanyak pada pemilu legislatif tahun 2014 di Kabupaten Simeulue yang merupakan daerah bebas konfik. Berdasarkan faktanya masyarakat yang ada di Kabupaten Simeulue belum merasa ada kedekatan dengan Partai Aceh yang juga unggul pada pemilu legislatif tahun 2009 yang lalu, banyak jani-janji anggota legislatif dari Partai Aceh yang belum terealisasikan kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan dan melilih mereka sebagai wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Simeulue. Hasil rekapitulasi data perolehan suara calon Legislatif 2014, Partai Aceh unggul dengan suara 5.814 suara dan menduduki kursi ketua.Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan strategi yang dilakukan Partai Aceh untuk memenangkan pemilu legislatif tahun 2014 di Kabupaten Simeulue dan untuk mengetahui keberhasilan marketing politik Partai Aceh untuk memenangkan pemilu legislatif tahun 2014 di Kabupaten Simeulue. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang diperlukan dalam penulisan skripsi ini diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan cara membaca buku teks, peraturan perundang-undangan, dan bahanbacaan lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini, sedangkan penelitian lapangan dilakukan dengancara mewawancarai para informan.Hasil Penelitian ini menunjukkan ada beberapa strategi yang dilakukan Partai Aceh pada Pemilu Legislatif tahun 2014 di Kabupaten Simeulue, diantaranya strategi kampanye politik, strategi isu politik, dan strategi komunikasi politik. Kemudian keberhasilan implementasi marketing politik yang dijalankan Partai Aceh dapat menimbulkan kepercayaan ditengah masyarakat dengan melakukan segmentasi yang merata, sehingga Partai Aceh mampu meraih dukungan masa pada pemilu legislatif 2014 di Kabupaten Simeulue. Strategi yang dijalankan Partai Aceh pada Pemilu Legislatif tahun 2014 di Kabupaten Simeulue yaitu, strategi isu politik, strategi kampanye politik dan strategi komunikasi politik. Diharapkan kepada pengurus Partai Aceh yang ada di Kabupaten Simeulue agar lebih mendengarkan dan menerima aspirasi dari masyarakat yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan kepada mereka sehingga komunikasi dan kerjasama yang baik akan terwujud untuk waktu yang berkelanjutan.Kata Kunci: Strategi, Kemenangan, Pemilu Legislatif, Partai Aceh Aceh Party Victory Strategy on Legislative Election In The 2014 In Simeulue DistrictABSTRACT The Aceh party is one of the local political parties participating in the 2014 legislative elections. The Aceh party can win the most votes in legislative elections in 2014 in Simeulue District which is a free area of conflicts, in fact people in Simeulue district have not felt any closeness with Aceh party which also excelled in legislative elections in 2009 ago.Many of the legislative pledges of the Aceh Party have not been realized to the people who have given their trust and elected them as representatives of the people in Simeulue Regency House of Representatives. Result of recapitulation of vote data of legislative candidate 2014, The Aceh party superior with voice 5,814 votes and managed to occupy the chair of the chair. The writing of this thesis aims to analyze and explain what strategies the Aceh party has taken to win the legislative elections of 2014 in Simeulue District and to know the political marketing of the Aceh party to win the support of the legislative elections in 2014 in Simeulue District. The method used in this research is descriptive qualitative method. The data needed in the writing of this thesis is obtained through literature and field research. Literature research is done by reading textbooks, legislation, and other readings related to this research, while field research is conducted by interviewing informants.The results of this study indicate that there are several strategies implemented by the Aceh party in the 2014 legislative election in Simeulue District, including political campaign strategy, political issue strategy, and political communication strategy. Then the successful implementation of political marketing run by the Aceh party can lead to trust in the community so that the Aceh party can gain support during the legislative election 2014 in Simeulue District. The strategy that the Aceh Party runs in the 2014 Legislative Election in Simeulue District is political strategy strategy, political campaign strategy and political communication strategy. It is expected that the Aceh party officials in Simeulue District will listen and receive the aspirations of the people who have given their trust and support so that good communication and cooperation will be realized for a sustainable time.Keywords: Strategy, Victory, Legislative Election, Aceh Party
Copyrights © 2017