Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas
Vol 2 No. 1 Tahun 2017

Artificial Intelligence (AI) Susun Angka Bentuk Kotak 4 X 4 Menggunakan Pencarian Heuristik Dengan Algoritma BFS

Manalu, Lamria (Unknown)
Sitorus, Lamhot (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Abstrak Dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam literatur-literatur dapat ditemukan berbagai jenis permainan angka. Keunikan dari permainan-permainan angka ini menjadikan permainan ini sangat mengasyikkan, dan sekaligus dapat digunakan untuk melatih kecerdasan. Permainan pergeseran angka biasanya dimainkan dalam bintang berkaki lima atau berkaki enam. Jenis permainan ini cenderung lebih mudah untuk dimainkan dan diselesaikan. Permainan ini akan menjadi jauh lebih rumit dan sukar apabila dimainkan dalam wadah yang berbentuk kotak. Bentuk wadah ini menyebabkan arah proses pergeseran angka menjadi terbatas. Permainan pergeseran angka dalam kotak ini sangat rumit dan sukar untuk diselesaikan secara manual. Oleh karena itu, penulis berusaha untuk merancang sebuah perangkat lunak yang dapat mencari solusi terpendek bagi permainan ini dengan menggunakan bantuan pohon pelacakan. Dengan alasan diatas maka penulis merancang suatu perangkat lunak yang dapat mencari solusi terpendek dari permainan pergeseran angka dalam kotak. Bentuk kotak 4 x4 , dengan jumlah titik (node) dalam kotak sebanyak 16 buah, dan jumlah titik yang dapat diisi adalah sebanyak 15 buah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JTIUST

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Terbit Setiap Bulan Juni dan Desember Setiap Tahunnya. Jurnal ini Media publikasi untuk bidang Ilmu Komputer seperti Teknologi dan Jaringan, Sistem Cerdas, Web, Mobile, Sistem Pendukung Keputusan, Cloud Computing, Citra, Krpitografy dan yang ...