EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya
Vol 2, No 2 (2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI BANDARKEDUNGMULYO JOMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Yahya Reka Wirawan (IKIP PGRI MADIUN)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2014

Abstract

Selama ini proses pembelajaran kita lihat masih menganut model pembelajarankonvensional, yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan selama itu pulakemampuan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dan kemandirian dalam belajartidak akan tampak. Pembelajaran konvensional menganggap guru adalah satu-satunyasumber belajar yang dianggap serba tahu. Hal ini di perkuat oleh hasil observasi yang telahdilkukan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian, dan terbukti saat pelajaran dimulaibanyak siswa yang ngobrol sendiri dan kelihatan sekali mereka merasa bosan denganmetode yang dilakukan oleh guru mata pelajaran ekonomi. Hal ini di duga akanmempengaruhi aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di dalam kelas.Penelitian inidilaksanakan di Perak Jombang, tepatnya di SMA Negeri Bandarkedungmulyo 1.Penelitianini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Tahap penelitian berupa siklus yangmeliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik - teknik pengumpulandata yang digunakan yaitu: observasi; pengukuran tes hasil belajar; dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa penggunaanmodel pembelajaran talking stick terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswaberpengaruh baik.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modelpembelajaran talking stick terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa berpengaruhbaik, khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini terbukti pada siklus I aktivitas belajarsiswa dengan nilai rata - rata kelas dari pre test sebesar 31 meningkat menjadi 35 atau sekitar12,9% Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yakni nilairata-rata kelas dari pre test sebesar 35 meningkat menjadi 45 atau sekitar 28,57%. Pada siklusI hasil belajar siswa dengan nilai rata – rata kelas dari pre test sebesar 80,12 meningkatmenjadi 84,71 atau sekitar 5,72%, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalamipeningkatan, yakni nilai rata – rata pre test sebesar 84,71 meningkat menjadi 92,35 atausekitar 9,02%

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning has P-ISSN: 2303-1565 & E-ISSN: 2502-1575 which is published twice a year, in January and July. Focus and scope on EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning:Economic Learning Media, Planning Economic Learning, Learning and ...