EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya
Vol 3, No 1 (2015)

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KOSGORO 3 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Sari Agustina (IKIP PGRI MADIUN)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2015

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menentukan apakah ada pengaruhkemandirian belajar dengan prestasi belajar kelas KKPI siswa XI signifikan pengaruh siswadari jurusan Administarasi Kantor SMK Kosgoro 3 Kedawung Sragen tahun 2013/2014sekolah. (2) menentukan apakah ada pengaruh yang signifikan fasilitas di sekolah belajarprestasi belajar KKPI siswa kelas XI jurusan SMK Administarasi Kantor SMK Kosgoro 3Kedawung Sragen tahun 2013/2014 sekolah. (3) menentukan apakah ada pengaruh yangsignifikan antara independensi fasilitas belajar siswa dan sekolah bersama-sama terhadapprestasi belajar KKPI siswa kelas XI jurusan Administarasi Kantor SMK Kosgoro 3Kedawung Sragen tahun 2013/2014 sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatanpenelitian kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif (korelasi). Populasi penelitianadalah siswa kelas XI jurusan tahun akademik Kantor Administrasi SMK Kosgoro 3Kedawung Sragen 80 siswa dari dua kelas. Teknik sampling yang digunakan dalampenelitian ini adalah proporsional teknik random sampling dengan cara undian. Berdasarkanhasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada belajar mandiri pengaruh yang signifikansiswa prestasi pada mata pelatihan KKPI siswa kelas XI jurusan Administrasi PerkantoranSMK Kosgoro 3 tahun ajaran Kedawung Sragen belajar. Hal ini ditunjukkan dengan hargarhitung> rtabel atau 0,522> 0,312 dengan tingkat signifikansi 5%. (2) Ada pengaruh yangsignifikan prestasi belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelatihan KKPIsiswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Kosgoro 3 tahun ajaran KedawungSragen. Hal ini dapat ditunjukkan oleh rhitung harga> rtabel atau 0,485> 0,312 pada tingkatsignifikansi 5%. (3) Ada pengaruh kemandirian signifikan fasilitas belajar siswa dan sekolahbersama-sama terhadap prestasi di mata pelatihan siswa KKPI kelas XI jurusan AdministrasiPerkantoran SMK Kosgoro 3 tahun ajaran Kedawung Sragen belajar. Hal ini ditunjukkandengan Fhitung> Ftabel atau 13,939> 3,26 pada tingkat signifikansi 5%.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning has P-ISSN: 2303-1565 & E-ISSN: 2502-1575 which is published twice a year, in January and July. Focus and scope on EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning:Economic Learning Media, Planning Economic Learning, Learning and ...