Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menentukan apakah ada pengaruhkemandirian belajar dengan prestasi belajar kelas KKPI siswa XI signifikan pengaruh siswadari jurusan Administarasi Kantor SMK Kosgoro 3 Kedawung Sragen tahun 2013/2014sekolah. (2) menentukan apakah ada pengaruh yang signifikan fasilitas di sekolah belajarprestasi belajar KKPI siswa kelas XI jurusan SMK Administarasi Kantor SMK Kosgoro 3Kedawung Sragen tahun 2013/2014 sekolah. (3) menentukan apakah ada pengaruh yangsignifikan antara independensi fasilitas belajar siswa dan sekolah bersama-sama terhadapprestasi belajar KKPI siswa kelas XI jurusan Administarasi Kantor SMK Kosgoro 3Kedawung Sragen tahun 2013/2014 sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatanpenelitian kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif (korelasi). Populasi penelitianadalah siswa kelas XI jurusan tahun akademik Kantor Administrasi SMK Kosgoro 3Kedawung Sragen 80 siswa dari dua kelas. Teknik sampling yang digunakan dalampenelitian ini adalah proporsional teknik random sampling dengan cara undian. Berdasarkanhasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada belajar mandiri pengaruh yang signifikansiswa prestasi pada mata pelatihan KKPI siswa kelas XI jurusan Administrasi PerkantoranSMK Kosgoro 3 tahun ajaran Kedawung Sragen belajar. Hal ini ditunjukkan dengan hargarhitung> rtabel atau 0,522> 0,312 dengan tingkat signifikansi 5%. (2) Ada pengaruh yangsignifikan prestasi belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelatihan KKPIsiswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Kosgoro 3 tahun ajaran KedawungSragen. Hal ini dapat ditunjukkan oleh rhitung harga> rtabel atau 0,485> 0,312 pada tingkatsignifikansi 5%. (3) Ada pengaruh kemandirian signifikan fasilitas belajar siswa dan sekolahbersama-sama terhadap prestasi di mata pelatihan siswa KKPI kelas XI jurusan AdministrasiPerkantoran SMK Kosgoro 3 tahun ajaran Kedawung Sragen belajar. Hal ini ditunjukkandengan Fhitung> Ftabel atau 13,939> 3,26 pada tingkat signifikansi 5%.
Copyrights © 2015