Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menentukan apakah ada keterampilanmengajar pengaruh yang signifikan guru dengan prestasi belajar siswa kelas XI KKPI SMKDwija Bhakti Jombang. (2) menentukan apakah ada pengaruh siswa yang signifikanbelajar disiplin untuk prestasi belajar KKPI siswa kelas XI SMK Dwija Bhakti Jombang.(3) menentukan apakah ada keterampilan mengajar pengaruh signifikan guru dan siswadisiplin belajar bersama tentang prestasi belajar KKPI siswa kelas XI SMK Dwija BhaktiJombang akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif denganmetode deskriptif asosiatif (korelasi). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI sekolahSMK Dwija Bhakti Jombang sebanyak 26 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalampenelitian ini adalah bahwa semua penduduk teknik sensus sampel karena populasi kecil.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linierberganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada keterampilanmengajar pengaruh guru yang signifikan terhadap prestasi pada mata pelatihan kelas KKPIXI siswa SMK Dwija Bhakti Jombang belajar. Hal ini ditunjukkan dengan harga rhitung>rtabel atau 0,524> 0,388 dengan tingkat signifikansi 5%. (2) Ada pengaruh yangsignifikan belajar disiplin prestasi belajar pada mata pelatihan kelas KKPI XI siswa SMKDwijaBhakti Jombangmahasiswa.Hal ini dapat ditunjukkan oleh rhitung harga> rtabel atau0,475> 0,388 pada tingkat signifikansi 5%. (3) Ada keterampilan mengajar pengaruh gurudan siswa disiplin belajar bersama terhadap prestasi belajar pada mata pelatihan kelas KKPIXI siswa SMK Dwija Bhakti Jombang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan F hitung> Ftabel atau 7,461> 3,25 pada signifikansi 5% level. Other temuan dapat dilaporkan dalampenelitian ini adalah: persamaan regresi y linear = 41,437 + 0,192 X1 + 0,331 X2 dapatdijelaskan bahwa setiap peningkatan atau penurunan keterampilan mengajar guru (X1) unitakan diikuti dengan peningkatan atau penurunan prestasi belajar KKPI (Y) sebesar 0,192.Demikian juga dengan kenaikan atau penurunan belajar siswa disiplin (X2) sebesar satusatuan, maka akan diikuti dengan peningkatan atau penurunan prestasi belajar KKPI di0,331. Kontribusi relatif dari guru untuk mengajarkan keterampilan (X1) terhadap prestasibelajar KKPI (Y) dari 56,79% dan kontribusi relatif belajar siswa disiplin (X2) denganprestasi belajar KKPI (Y) dari 43,21%. Untuk sumbangan efektif guru untuk mengajarkanketerampilan (X1) terhadap prestasi belajar KKPI (Y) dari 22,35% dan sumbangan efektifbelajar siswa disiplin (X2) dengan prestasi belajarKKPI (Y) dari 17,00%.
Copyrights © 2014