Penelitian ini bertujuan: a) untuk menentukan pengembangan produk dari produkpada “MM-Madiun Toko Roti”, b) untuk menentukan volume penjualan pada “MMMadisonToko Roti”, c) untuk menentukan apakah ada pengaruh antara pengembanganproduk dengan volume penjualan pada “toko roti MM-Madiun” dan sampel dalampenelitian ini menggunakan purposive sampling dari penjualan selama 6 bulan. Untukmengumpulkan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datamenggunakan metode analisis statistik uji t dengan perhitungan uji SPSS versi 16.0. Datayang digunakan dalam analisis adalah volume penjualan data sebelum dan setelahpengembangan produk selama 6 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwapengembangan produk memiliki efek yang berbeda pada volume penjualan di toko roti MMMadiun.Hal ini berasal dari nilai t adalah thit -2327 sedangkan nilai ttab 1795. Di sisi lain, nilaisighit adalah 0,038 dan nilai Sigprob adalah 0,05. Ini berarti bahwa thit > ttab (-2327 > 1,795) atauSighit < Sigprob (0,038 < 0,05) menunjukkan penolakan H0 berarti bahwa pengembanganproduk memiliki pengaruh yang berbeda pada volume penjualan di toko roti MM-Madiun.
Copyrights © 2015