Gulawentah:Jurnal Studi Sosial
Vol 2, No 1 (2017)

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KOLONIALISME EROPA DI INDONESIA MELALUI MODEL MAKE A MATCH PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMPN NGEBEL PONOROGO

Rias Susilowati (SMPN 1 Ngebel Ponorogo)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa kelas VII SMPN Ngebel Ponorogo terhadap pemahaman kolonialisme Eropa di Indonesia melalui penerapam model make a match picture. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kelas sebanyak dua siklus dengan subyek penelitian siswa kelas VII B. Pengambilan datanya dengan tes, observasi, dan wawancara, serta dianalisis kualitatif interaktif. Hasil dari ulangan harian khusus kelas ini 73% belum bisa mencapai ketuntasan. Mengingat pentingnya pemahaman yang benar terhadap materi IPS ini, kami menemukan langkah yang sesuai antara materi dengan model pembelajarannya, yaitu Make A Match Picture. Ternyata ada peningkatan, baik aktifitas maupun pemahaman. Aktifitas pada siklus I 88 % (target 76%), siklus II menjadi 100%, sedangkan pemahaman walau baru 61% dan belum mencapai target yaitu 76%, tapi pada siklus II meningkat menjadi menjadi 84% (targetnya 80).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

gulawentah

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

gulawentah: Jurnal Studi Sosial with regitered number ISSN : 2528-6893 (print) , e-ISSN : 2528-6871 is scientific journals which publish articles from the fields social science and social science ...