Gulawentah:Jurnal Studi Sosial
Vol 1, No 2 (2016)

PENINGKATAN DAYA BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS BERBANTUAN MEDIA POP ART PADA SISWA KELAS V SDN KLUMPIT KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Iriana Wulan (SDN Klumpit Kecamatan Sawahan)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya pikir kritis siswa berbantu media pop art pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Klumpit Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media Pop-Artdapat meningkatkan daya berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN Klumpit Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat ditunjukkan pada hasil siklus I yaitu Jumlah siswa yang tuntas belajar adalah sebanyak 6 siswa atau sebesar 35,29% dengan rata-rata kriteria cukup. Pada hasil siklus II diperoleh bahwa terdapat 14 siswa (82,35%) yang tuntas, dan 3 siswa (17,64%) yang tidak tuntas (nilai ≤ 70). Hasil nilai dari siklus I ke siklus II siswa yang sudah tuntas mencapai ≥ 80% dari jumlah seluruh siswa. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media Pop-Art pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan daya berpikir kritis siswa kelas V SDN Klumpit Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

gulawentah

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

gulawentah: Jurnal Studi Sosial with regitered number ISSN : 2528-6893 (print) , e-ISSN : 2528-6871 is scientific journals which publish articles from the fields social science and social science ...