Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3, No 1 (2015)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITERAKAN KEMBALI ISI BACAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAWSISWA KELAS V SDN 01 MANGUHARJO, KECAMATAN MANGUHARJO KOTA MADIUNTAHUN PELAJARAN 2014/2015

Agus Budi Santoso (Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw pada siswa kelas V SDN 01 Manguharjo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/ 2015.Penelitian dilaksanakan di SDN 01 Manguharjo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian  Tindakan  Kelas (PTK) dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan, yaitu  (1). tahap penyusunan rencana tindakan; (2). tahap pelaksanaan tindakan; (3). tahap pengamatan atau observasi; dan (4). tahap refleksi.Hasil pengamatan terhadap situasi pembelajaran bahasa Indonesia secara berkelompok ini dapat dilihat dari (1) tingkat perhatian siswa pada siklus I sebanyak 60%, sedangkan pada siklus ke II naik menjadi 66,6%; (2) tingkat keaktifan bertanya yang pada siklus I diperoleh hasil 39%, sedangkan pada siklus ke II naik menjadi 60%; (3) keberanian siswa dalam mengeluarkan pendapat pada siklus I adalah 51%, sedangkan pada siklus dua naik menjadi 73,3%; (4) tingkat kedisiplinan siswa terhadap pembelajaran secara kelompok diperoleh hasil pada siklus I adalah 73%, sedangkan pada siklus ke II menjadi 86,6%.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif  model jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menceritakann kembali isi bacaan pada siswa kelas V SDN 01 Manguharjo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/ 2015.

Copyrights © 2015