Dengan berkembangnya teknologi saat ini menjadikan semua aktifitas yang lambat atau sulit sekarang menjadi serba cepat, praktis dan mudah. Hal ini telah menuntut sekian banyak institusi pemerintahan atau swasta bahkan setiap unit usaha untuk dapat mengelola data mengenai aktivitas usahanya secara cepat dan akurat, sehingga dapat menghasilkan informasi yang menjadi dasar pengambilan keputusan guna pembangunan usaha.Klinik merupakan salah satu lembaga milik perusahaan swasta dan pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan pelayanan khususnya pengobatan terhadap masyarakat sekitar dan para pekerja.Kendala yang terjadi pada proses pendaftaran di Klinik PT. PJB UBJ O&M PLTU PAITON yaitu penumpukan data. Penumpukan terjadi pada beberapa hal, diantaranya adanya data ganda. Data ganda terjadi karena kemungkinan kartu pasien hilang atau lupa nomer pasien itu sendiri sehingga petugas akan kesulitan dalam pencarian data tersebut dan pada akhirnya akan di lakukan penginputan data kembali.Penggunaan sistem manual pada sebuah Klinik, menimbulkan banyak kendala dalam proses pelayanan terhadap pasien. Salah satunya Klaim Rawat Jalan, Klaim Rawat Jalan merupakan berkas yang berisikan informasi tentang identitas pasien, penentuan fisik laboratorium, diagnosa segala pelayanan dan tindakan medis yang di berikan kepada pasien dan pengobatan. Masalah yang akan di bahas di dalam penelitian ini adalah tentang Klaim Rawat Jalan di Klinik PT.PJB UBJ O&M PLTU PAITON yang dapat lebih mempercepat setiap kegiatan pelayanan pasien.
Copyrights © 2016