SENTIA 2016
Vol 8, No 1 (2016)

APLIKASI GAME EDUKASI PETUALANGAN NUSANTARA

Arifiati Fitri Anggraini (Seminar Nasional Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang)
Nena Erviana (Seminar Nasional Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang)
Sofiya Anggraini (Seminar Nasional Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang)
Didik Dwi Prasetya (Seminar Nasional Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2017

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah yang luas dan suku yang beranekaragam mulai dari sabang hingga merauke. Namun, di era globalisasi saat ini, masyarakat terutama generasi muda mulai melupakan warisan budaya indonesia dan larut dalam arus moderenisasi. Untuk meningkatkan motivasi belajar anak tentang kebudayaan Indonesia, maka dibuat suatu media pembelajaran dalam bentuk game edukatif dengan tujuan untuk mengenalkan berbagai kebudayaan Indonesia seperti, rumah adat, tarian, alat musik, senjata, dan pakaian adat. Dalam game edukasi ini anak-anak bisa belajara dengan visualisasi yang menarik. Genre dari game ini adalah adventure (petualangan), dimana anak-anak atau pemain game ini akan menyelesaikan tantangan- tantangan  yang  ia  temui  selama  melakukan  petulangan  untuk  mencari  benda-benda  yang  sesuai.  Hasil pengembangan ini diharapkan dapat membantu anak-anak untuk semangat dan lebih termotivasi untuk belajar budaya Indonesia.

Copyrights © 2016