Kemampuan guru dalam mengajar sangat penting, di antaranya adalah kemampuan terhadap penguasaan materi pelajaran dan bagaimana membelajarkan siswa. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi scaffolding yang digunakan guru berdasarkan kategori scaffolding dari Roehler & Cantlon dan dampak scaffolding guru terhadap pemahaman siswa terkait konsep kubus. Penelitian dilakukan di kelas V pada salah satu Sekolah Dasar Swasta kota Malang. Hasil pengamatan identifikasi jenis scaffolding yang digunakan guru dalam pembelajaran materi kubus adalah: pemodelan tingkah laku, menawarkan penjelasan, mengundang siswa untuk berpartisipasi, mengundang siswa untuk berkontribusi memberikan petunjuk, serta memverifikasi dan menglarifikasi pemahaman siswa. Terdapat dua dampak scaffolding yaitu scaffolding yang menguatkan konsep yang disebut scaffolding produktif (productive scaffolding) dan scaffolding yang berdampak mengaburkan konsep yang disebut scaffolding kontra produktif (counterproductive scaffolding). Scaffolding yang berdampak menguatkan konsep mempunyai makna bahwa bantuan yang diberikan guru membantu siswa dalam memahami konsep yang berkaitan dengan kubus. Scaffolding yang berdampak mengaburkan konsep adalah scaffolding yang berakibat menjauhkan pemahaman siswa dari konsep yang berkaitan dengan kubus.
Copyrights © 2016