SENTIA 2016
Vol 8, No 1 (2016)

MEMBANGUN SISTEM E-COMMERCE DESA WISATA ORGANIK LOMBOK KULON MENUJU PERSAINGAN PASAR GLOBAL

Misbahul Munir (Seminar Nasiaonal Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang)
M. Noer Fadli Hidayat (Seminar Nasiaonal Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang)
Kamil Malik (Seminar Nasiaonal Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2017

Abstract

E-commerce merupakan salah satu alternatif pemasaran yang mengandalkan internet untuk mempublikasikanproduk dan jasa suatu perusahaan. Desa Wisata Organik Lombok Kulon merupakan sebuah desa wisata dengankonsep kampung organik, dimana kelompok kerja (pokja) dan masyarakatnya memiliki keunikan dankeunggulan masing-masing. Namun wisata ini sepi dari pengunjung, hal ini disebabkan belum adanya promosimengenai wisata tersebut, penjualannya masih melakukan transaksi antara penjual dan pembeli bertemulangsung (Face To Face). Sehingga masyarakat minim pengetahuan tentang informasi mengenai desa wisataorganik dan produknya. Dari Permasalahan tersebut membangun sebuah Sistem E-commerce Desa WisataOrganik Lombok Kulon Menuju Persaingan Pasar Global yang dapat mempermudah admin dalam mengeloladata paket wisata dan penjualan produk, serta mempromosikannya kepada wisatawan lokal maupunmancanegara.Hasil dari penelitian adalah dibangunnya sebuah Sistem E-commerce Desa Wisata Organik Lombok KulonMenuju Persaingan Pasar Global yang dapat membantu pihak pokja dalam mempromosikan wisata dan menjualpaket wisata, serta menjual produknya kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Sistem ini dapat menarikwisatawan dan merangsang masyarakat untuk lebih kreatif, inovatif di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)maupun Persaingan Pasar Global lainnya yang menggunakan teknologi canggih.

Copyrights © 2016