JURNAL ILMIAH MAHASISWA AGROINFO GALUH
Vol 3, No 3 (2017): Mei 2017

ANALISIS SALURAN PEMASARAN GULA AREN (Suatu Kasus di Desa Cikuya Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya)

Mochamad Erwin Firdaus (Fakultas Pertanian Universitas Galuh)
Dedi Herdiansah Sujaya (Fakultas Pertanian Universitas Galuh)
Tito Hardiyanto (Fakultas Pertanian Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) saluran pemasaran gula aren (2) besarnya biaya, marjin dan keuntungan pemasaran gula aren (3) besarnya bagian harga yang diterima perajin (share) gula aren dari harga eceran (4) saluran pemasaran yang paling efisien berdasarkan persentase biaya dari nilai total produksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survai dengan mengambil lokasi penelitian di Desa Cikuya Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode Simple Random Sampling. Sedangkan untuk sampel lembaga pemasarandiambil dengan cara Snowball Sampling terhadap 2 orang pedagang pengumpul dan satu orang pedagang besar. Analisis data dilakukan secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1. Terdapat dua saluran pemasaran gula aren di Desa Cikuya Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya. Pada saluran pemasaran 1 hanya melibatkan satu lembaga pemasaran yaitu pedagang pengecer sedangkan saluran pemasaran 2 melibatkan dua lembaga pemasaran yaitu pedagang pengumpul dan pedagang pengecer.2. Pada saluran pertama besarnya total marjin pemasaran yaitu sebesar Rp. 2.500,00 per kilogram dengan total biaya pemasaran sebesar Rp. 265,00 per kilogram sehingga total keuntungan pemasaran sebesar Rp. 2.235,00 per kilogram. Sedangkan pada saluran 2, besarnya total marjin pemasaran yaitu Rp. 4.500,00 per kilogram dengan total biaya pemasaran sebesar Rp. 572,00 perkilogram sehingga total keuntungan pemasaran sebesar Rp. 3.928,00 per kilogram.3. Besarnya bagian harga yang diterima perajin (produsen share) pada saluran 1 adalah sebesar 83,33 persen, sedangkan pada saluran 2 adalah 70,96 persenSaluran pertama adalah saluran pemasaran paling efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran 2, dengan nilai EPS pada saluran 1 sebesar 1,77 persen.Kata Kunci : Pemasaran, Gula, Aren, Culamega, Tasikmalaya

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

agroinfogaluh

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH merupakan jurnal ilmiah berkala yang memuat hasil penelitian dari mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas ...