Zeta - Math Journal
Vol 2 No 2 (2016): November

Mengelompokkan Siswa Berprestasi Akademik dengan Menggunakan Metode K Means Kelas VII MTs Hidayatul Mubtadi’in Pancoran Kadur

Jannah, Nur (Unknown)
Yulianto, Tony (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2016

Abstract

Pengelompokan atau lazim di kenal dengan grouping didasarkan atas pandangan bahwa disamping peserta didik tersebut mempunyai kesamaan, dan juga mempunyai perbedaan. Pengelompokan bukan hanya melihat dari hasil akhir rapor semester i dan semester ii akan tetapi juga dilihat dari nilai kognitif, psikomotorik dan afektif selama proses belajar berlangsung. Proses pengelompokkan siswa berprestasi untuk mempermudah dalam proses belejar mengajar. Melaksanakan pengelompkan siswa berprestasi masih belum maksimal karena kemampuan siswa tersebut tidak hanya diukur dari rapor terakhir saja, melainkan nilai kognitif, psikomotorik dan afektifnya. Berikut nilai tes terakhir untuk menambah keakuratan data. Pengelompokan dari 30 siswa dengan kriteria pembobot pintar, sedang, dan tidak pintar. Untuk itu diperlukan solusi yang dapat mengatasi kesulitan tersebut. Metode clustering dengan menggunakan algoritma k means diimplementasikan dalam aplikasi ini., juga dapat digunakan untuk memantau perkembangan kemampuan setelah mengikuti belajar siswa. Dari hasil dan pembahasan dapat diperoleh hasil dari validasinya data valid ada 33.3333% sedangkan data tidak valid ada 66.6667%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

zeta

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Zeta - Math Journal is a mathematical journal published twice a year by the Mathematics Department, Faculty of Mathematics and Science, Islamic University of Madura. Journal includes research papers, literature studies, analysis, and problem solving in Mathematics (Algebra, Analysis, Statistics, ...