Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks tanggapan deskriptif, mendeskripsikan perubahan sikap spiritual, mendeskripsikan perubahan sikap sosial, mendeskripsikan peningkatan pengetahuan peserta didik,dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks tanggapan deskriptif melalui teknik kalimat mengalir dengan media gambar pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Kalinyamatan Jepara. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada tes pengetahuan prasiklus sebesar 62,97. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 66,81 atau dalam kategori cukup baik dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 82,81 atau dalam kategori baik. Hasil penelitian tes keterampilan pada prasiklus sebesar 66,5 atau dalam kategori cukup baik. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 77,2 dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 84,3. Peningkatan menulis teks tanggapan deskriptif juga diikuti dengan perubahan sikap belajar peserta didik ke arah yang lebih baik selama proses pembelajaran menulis teks tanggapan deskriptif melalui teknik kalimat mengalir dengan media gambar.The purpose of this study is to describe the process of learning to write descriptive text responses, describes the spiritual attitude change, describing change social attitudes, describing an increased knowledge of learners, and describe the improvement of writing skills through the technique of descriptive text responses sentences flow with media images on students of class VIIC SMP Negeri 1 Kalinyamatan Jepara. The learning process is carried out through two cycles, the first cycle and second cycle. The results of this study showed that the average value of the class on the knowledge test pre-cycle at 62.97. In the first cycle increased by 66.81 or in a category quite well and the second cycle increased by 82.81 or more in both categories. The results of research on skills tests pre-cycle 66.5 or category quite well. In the first cycle increased by 77.2 and the second cycle increased again by 84.3. Improved writing descriptive text responses are also accompanied by changes in attitudes towards learners learn better during the process of learning to write descriptive text responses through techniques sentences flow with media images.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015