Komunikasi merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting.Komunikasi dibutuhkan untuk memperoleh atau memberi informasi dari ataukepada orang lain. Salah satu sistem komunikasi yang berkembang pesat pada eraglobalisasi sekarang ini adalah telepon seluler atau biasa disebut denganhandphone. Handphone merupakan salah satu media telekomunikasi yang sangatdibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari bagi semua orang, khususnya begitu jugadikalangan mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dalam pemilihanprovider telekomunikasi setiap mahasiswa itu berbeda-beda, karena setiapmahasiswa memiliki perilaku yang tidak sama antara mahasiswa yang satu denganmahasiswa yang lain. Ada empat faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen,yaitu faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui faktor Kebudayaan, Sosial, Pribadi dan Psikologisberpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa Universitas PGRI AdiBuana Surabaya memilih provider telekomunikasi. Metode analisis yangdigunakan adalah metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) untukmengetahui pengaruh faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis terhadapkeputusan pemilihan mahasiswa dalam memilih proovider telekomunikasi. Danjuga Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk mengkorfimasi indikatorterhadap variabel laten. Hasil yang diperoleh adalah faktor kebudayaan, sosial,pribadi dan psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswaUniversitas PGRI Adi Buana Surabaya dalam memilih provider telekomunikasi.
Copyrights © 2014