Model pengajaran kewirausahaan yang selama ini diterapkan di Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya belum mampu menciptakan wirausaha baru dikalangan mahasiswa. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan model pengajaran, kurikulum dan perangkat pengajaran yang sudah tidak relevan. Untuk itulah maka sangat penting untuk dilakukan penelitian tentang aplikasi project based learning dalam kuliah kewirausahaan untuk menghasilkan Wirausaha Baru mahasiswa UNIPA Surabaya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UNIPA yang menempuh mata kuliah kewirausahaan yang akan dikembangkan dengan model pembelajaran. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan stratified random sampling. Metode pemilihan sampel ini digunakan karena populasi terdiri dari semester dan program studi yang berbeda-beda. Sampelnya adalah mahasiswa PGSD, Pendidikan Matematika, Pendidikan Seni Rupa dan Akuntansi yang memprogram Mata Kuliah Kewirausahaan semester ganjil 2014/2015 sebanyak 150 mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan adalah Person Product Moment untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan kewirausahaan, motif berprestasi, kemandirian pribadi terhadap perilaku kewirausahaan. Selain itu juga akan dilakukan pengujian korelasi terhadap pembelajaran dengan project based learning terhadap nilai Ujian Akhir Semester (UAS). Dari hasil kesimpulan diperoleh bahwa pengetahuan kewirausahaan, motif berprestasi, Kemandirian pribadi akan membentuk perilaku kewirausahaan seseorang. Sehingga sebelum memulai usaha, wirausahawan baru perlu memperhatikan aspek-aspek tersebut agar berhasil dalam mewujudkan usahanya. Selain itu terdapat hubungan yang kuat antara praktik kewirausahaan dengan teori kewirausahaan yang diberikan. Oleh karena itu model pembelajaran kewirusahaan dengan project based learning dapat diterapkan untuk membentuk mahasiswa memiliki jiwa dan mental menjadi wirausahawan yang handal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015