Abstrak Pedagang Kaki Lima (PKL) merupakan pekerjaaan yang banyak diminati sebagian penduduk di Surabaya. Keberadaan PKL tidak selalu memerlukan pendidikan formal dan ketrampilan yang tinggi dan tidak mensyaratkan modal yang besar. Pedagang kaki lima adalah orang yang dengan modal yang relatif sedikit berusaha di bidang produksi dan penjualan barang-barang (jasa-jasa) untuk memenuhi kebutuhan kelompok tertentu di dalam masyarakat. Penelitian ini menganalisis faktor - faktor yang mempengaruhi pendapatan Pedagang Kaki Lima di Surabaya. Melalui 267 didapatkan hasil bahwa pengalaman menjual, pelayanan, kemampuan manajerial, aspek ekonomi, aspek sosial, kualitas produk, persepsi terhadap harga, lokasi, promosi, kualitas layanan, faktor psikologis, faktor sosial dan faktor pribadi berpengaruh secara bersama-sama terhadap pendapatan pedagang kaki lima. Sedangkan secara parsial kemampuan manajerial, aspek ekonomi, kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan pedagang kaki lima. Kata Kunci : Pedagang Kaki Lima, pengalaman menjual, pelayanan, kemampuan manajerial, aspek ekonomi, aspek sosial, kualitas produk, persepsi terhadap harga, lokasi, promosi, kualitas layanan, faktor psikologis, faktor sosial dan faktor pribadi
Copyrights © 2016