Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan dalam dunia pendidikan yang semakin ketat sehingga harus disikapi oleh anggota organisasi agar tidak tertinggal oleh perubahan. Program Studi Kebidanan Unipa adalah salah satu lembaga yang selalu berusaha untuk mengikuti perubahan itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali informasi tentang perilaku belajar yang dilakukan dosen dengan menggunakan pendekatan 5 dimensi learning organization yang dikemukakan Senge.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat eksploratif karena tujuan penelitian ini adalah menggali usaha-usaha yang dilakukan dosen dalam meraih learning organization, maka penggalian data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam terhadap dosen, direktur program studi, mahasiswa dan tenaga adminsitrasi serta observasi dan dokumentasi pada kancah penelitian.Hasil penelitian yang didapatkan pada dimensi personal mastery, dosen mempunyai minat yang besar untuk mengembangkan diri, kondisi tersebut juga di dukung oleh pimpinan, sedangkan pada disiplin mental models, dosen selalu terbuka pada masukan yang diberikan kepadanya agar dapat melakukan perbaikan-perbaikan pada masa yang akan datang. Pada disiplin shared vision, dosen berupaya untuk selalu berbagi ilmu meski tidak ada forum khusus, namun demikian pimpinan tetap mendukung usaha tersebut. Disiplin team learning terlihat dari usaha dosen dalam proses pembelajaran dengan melaksanakannya secara berkelompok. Sedangkan pada displin system thinking, suasana dan kondisi yang mendukung, membuat dosen merasa nyaman untuk meraih learning organization.
Copyrights © 2012