Atribut pelayanan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UNIPA Surabaya perlu dianalisis untuk mengetahui kepuasan mahasiswa akan pelayanan yang sudah didapatkan selama mengikuti perkuliahan. Kepuasan mahasiswa adalah masalah mendasar ketika menentukan strategi bauran pemasaran, dengan mengenal mahasiswa akan dapat dirumuskan rencana pemasarannya dengan baik, sehingga tujuan dapat tercapai. Dalam penelitian ini sampel sebanyak 128 diambil secara proporsional random sampling dari mahasiswa aktif angkatan 2008-2011 program studi manajemen. Ada 32 atribut pelayanan yang terbagi dalam Fasilitas Lingkungan , Fasilitas Sarana Perkuliahan, Pelayanan Proses Pembelajaran dan Pelayanan Administrasi. Data diambil dengan menggunakan kuesioner, setelah terkumpul selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasilnya diperoleh bahwa tingkat kepuasan yang paling banyak dirasakan oleh mahasiswa adalah: Kebersihan dan kerapian ruangan, Ketersecliaan meja dan lcursi yang nyaman, Ketersediaan air conditioner (AC ) di ruang kelas, Kebersihan dan kerapian gedung, Ketersediaan LCD Proyektor yang layak pakai pada saat kuliah dan Kerapian Dosen pada saat memberikan kuliah. Sedangkan atribut pelayanan yang belum memberikan kepuasan pada mahasiswa selama mengikuti perkuliahan adalah: Tempat parkir, Ketersediaan hotspot untuk akses Internet. Ketepatan waktu dosen dalam mengajar ( sesuai jadwal ), Sikap tenaga administrasi-yang melayani dalam pembayaran SPP, Ketersediaan buku edisi bare diperpustakaan dan Kebersihan kamar mandi / toilet~ Untuk dapat mempertahankan kepuasan mahasiswa akan pelayanan perkulihaan pada program studi manajemen, maka plliak program studi perlu upaya mempertaliatikannya. Sedangkan atribut pelayanan yang dirasa belum memberikan kepuasan, program studi perlu mempertimbangkan untuk. lebih. memperhatikan atributtersebut berkoordinasi dengan fakultas dan atau universitas
Copyrights © 2011