Jurnal Manajemen Pemasaran
Vol. 11 No. 1 (2017): APRIL 2017

ANALISIS KEPERCAYAAN, MOTIVASI DAN KEPUASAN ORANG TUA SISWA SMA KRISTEN PETRA 1 SURABAYA

Hatane Semuel (Unknown)
Vony Wijaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2017

Abstract

Penelitian terhadap 91 orang tua siswa SMA Kristen Petra I Surabaya, 29 orang pria (32%), dan 62 orang wanita (68%),  dengan status pekerjaan  22 orang (2,2%) pegawai negeri sipil, 20 orang (22%) pegawai swasta, 28 orang (30,8%) wiraswasta, 37 orang (40,7%) ibu rumah tangga, dan 4 orang (4,4%) memiliki pekerjaan lainnya. Penelitian menguji pengaruh kepercayaan dan motivasi terhadap kepuasan orang tua siswa SMA Kristen Petra I Surabaya. Kepercayaan diukur dengan indikator: ability, benevolence, dan integrity; motivasi diukur dengan indikator: dorongan untuk melanjutkan pendidikan, kebutuhan untuk memiliki keahlian khusus, dan keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup, sedangkan kepuasan diukur dengan indikator: leadership. parental involvement, faith development, curriculum and instruction, communication, support service, facilities, serta environment. Kepercayaan sebagai variabel eksogenus, motivasi sebagai variabel mediasi, dan kepuasan sebagai variabel endogenus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kepercayaan berpengaruh positif terhadap motivasi dan juga berpengaruh positif terhadap kepuasan orang tua; (2) motivasi berpengaruh positif terhadap kepuasan orang tua. Motivasi terbukti dapat menjadi mediasi antara kepercayaan terhadap kepuasan orang tua, sehingga secara total pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan semakin kuat.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mar

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Managemen Pemasaran dipublikasikan secara berkala setiap tahun oleh Program Studi Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra Surabaya. Tujuan Jurnal Manajemen Pemasaran adalah: 1. Menyebarluaskan pengetahuan, penemuan, dan pengembangan ilmu pemasaran secara teori maupun praktis melalui ...