Pada penelitian ini yang berjudul âRepresentasi Sosok Superhero Hulk Dalam Iklan Lifebuoy Handwash versi Changing Colourâ penulis akan menggungkapkan makna denotasi, konotasi dan mitos yang ada dalam iklan Lifebuoy Handwash versi Changing Colour ini, serta makna penggunaan figur Hulk dalam iklan tersebut. Adanya sosok Hulk sebagai pahlawan super yang berasal dari Amerika dalam iklan tersebut, hal itu yang mendasari penulis memilih iklan Lifebuoy Handwash versi Changing Colour ini untuk melakukan penelitian. Penulis mengungkapkan tanda dan makna dalam iklan ini menggunakan teori Semiotika Roland Barthes. Makna dan tanda akan dimaknai secara denotasi, konotasi dan mitos agar terungkap realitas sosial yang ada didalamnya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang hasilnya akan mengungkap makna terhadap suatu fenomena. Dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes diharapkan dalam mengungkapkan makna dari penggunaan figur Hulk dalam iklan ini. Hasil penelitian menunjukan terdapat tanda-tanda denotasi dari kegemaraan anak-anak terhadap figur Hulk yang menjadi mainan dan kaos yang digunakan anak tersebut dalam iklannya. Lalu dari tanda-tanda tersebut ditemukan makna konotasi dan mitos bahwa sosok figur Hulk masuk kedalam imajinasi anak sehingga anak tersebut merasa dirinya sebagai pahlawan super. Hingga saat ini mitos pahlawan super masih menjadi kegemaran anak-anak dan dapat memasuki imajinasi anak-anak. Dengan demikian penelitian ini dikerjakan oleh penulis sendiri.
Copyrights © 2015