Inisiatif perusahaan mengomunikasikan Corporate Social Responsibilty (CSR) untuk mengedukasi para stakeholder mengenai kontribusinya terhadap pengembangan masyarakat, keberlanjutan ekonomi dan lingkungan semakin banyak dilakukan. Di Indonesia program CSR dilaksanakan karena ada kekuatan legal UU No 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan UU No 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal. Frisian Flag Indonesia (FFI) merupakan perusahaan yang menjalankan program CSR yang khas, karena dalam aktivitas CSR yang dilakukannya, penerima manfaat (beneficiaries) juga merupakan stakeholdernya secara langsung yaitu peternak sapi perah dan konsumen (anak-anak). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan data primer berupa hasil wawancara mendalam (indepth interview) dengan pihak Corporate Communication FFI. dan penerima manfaat (beneficiaries) dari program CSR FFI yaitu peternak di Pangalengan, Jawa Barat. Sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui analisis dokumen dan publikasi dari FFI. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi CSR FFI meliputi pengenalan khalayak, penyusunan pesan, penetapan metode serta seleksi dan penggunaan media. Namun evaluasi terukur dari strategi komunikasi CSR belum dilakukan oleh FFI.
Copyrights © 2015