Peneliti yang berjudul âStrategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Islam al Azhar 24 Makassar. Mengajar adalah usaha mengembangkan setiap individu siswa. Seorang guru harus berusaha memotivasi siswanya baik yang bersifat intrinsik maupun ekstrinsik, karena mengingat bahwa dengan memberikan motivasi siswa dapat mengembangkan aktivitas, inisiatif dan dapat memelihara ketekunan belajarnya. Dalam kaitan itu perlu diketahui bahwa cara dan jenis menumbuhkan motivasi adalah bermacam-macam.Penelitian ini mengkaji pokok tentang: 1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Islam al Azhar 24 Makassar?, 2) Bagaimana tingkat motivasi belajar siswa di SMP Islam al Azhar 24 Makassar?
Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP islam al Azhar 24 Makassar, 2. Untuk mengetahui motivasi belajar siswa SMP Islam al Azhar 24 Makassar. Dalam penelitian yang dilakukan penulis ini termasuk penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut. Di mana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Islam al Azhar 24 Makassar sudah cukup baik dan meningkat. Hal ini tercermin pada keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu juga bisa dilihat dari akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari yang selalu menampakkan hal positif ini. Artinya bahwa meningkatnya motivasi belajar siswa SMP Islam al Azhar 24 Makassar itu tidak hanya berbentuk nilai-nilai angka seperti yang ada di rapor, namun lebih dari itu juga berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat.
Copyrights © 2016