Pendidikan merupakan suatu yang harus diupayakan oleh suatu Negara untuk meningkatkan taraf hidup bangsa, penyelenggaraan pendidikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara. Peran tenaga pendidik untuk menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif dinamis dan dialogis menjadikan perlunya tenaga pendidik memiliki komitmen profesionalisme untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan kedudukan dan kepercayaan yang diberikan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran umum tentang tingkat keefektifan pelayanan administrasi kepegawaian terhadap tenaga pendidik lingkup Dinas Pendididkan Kabupaten Sinjai serta faktor penghambat dan pendukung. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan angket yang diperoleh dari responden dengan sampel sebanyak 248.
Kesimpulan bahwa untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kepegawaian terhadap tenaga pendidik pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai perlu adanya perbaikan dan peningkatan kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan, agar kualitas pelayanan administrasi yang diberikan pada masa yang akan datang menjadi lebih baik dan meningkat. Untuk itu kiranya yang harus dilakukan regenerasi pegawai yang lebih berkualitas di Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai terkhusus pada sub bagian kepegawaian, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan baik secara formal maupun informal, penambahan jumlah prasarana dan sarana yang dapat menunjang kualitas pelayanan administrasi kepegawaian yang baik.
Copyrights © 2017