An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah
Vol 5, No 1 (2018): An-Nisbah

PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) SYARIAH CABANG BOGOR

Huzaimah, Huzaimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2018

Abstract

Abstrak: Perkembangan perbankan syariah saat ini masih belum memuaskan jika dibandingkan dengan perkembangan perbankan konvensional. Pertumbuhan pangsa pasar perbankan syariah yang relatif rendah disebabkan oleh rendahnya tingkat kepuasan serta loyalitas pelanggan untuk perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Bank BTN Syariah Cabang Bogor. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap 100 nasabah Bank BTN Syariah Cabang Bogor, yang diperoleh menggunakan simple random sampling, kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis jalur (path analysis), pengujian hipotesis melalui uji t dan koefisien determinasi (R2) sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS 23.0 for windows. Dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh 2 hasil nilai R square, pertama diperoleh sebesar 0,245 menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan atau nasabah BTN Syariah Cabang Bogor 24,5% dipengaruh oleh implentasi etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan yang dilaksanakan oleh lembaga, adapun sisanya sebesar 75,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Nilai R square kedua diperoleh sebesar 0,438 menunjukkan tingkat loyalitas pelanggan atau nasabah BTN Syariah Cabang Bogor 43,8% dipengaruh oleh implentasi etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan yang dilaksanakan oleh lembaga, adapun sisanya sebesar 56,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel etika bisnis Islam memiliki pengaruh yang positif tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan t hitung 0,469 dengan tingkat signifikansi 0,64 di atas 0,05. Variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan t hitung 4,512 dengan tingkat signifikansi 0,00 di bawah 0,05. Sedangkan variabel etika bisnis Islam memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan t hitung 4,104 dengan tingkat signifikansi 0,00 di bawah 0,05. Variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan t hitung 5,218 dengan tingkat signifikansi 0,00 di bawah 0,05. Variabel kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan t hitung 3,542 dengan tingkat signifikansi 0,01 di bawah 0,05. Kata Kunci: Etika bisnis Islam, kualitas pelayanan, kepuasan dan loyalitas pelanggan

Copyrights © 2018