CYBERNETICS
Vol 2, No 01 (2018): CYBERNETICS

Edukasi Rambu Lalu Lintas Untuk Anak Melalui Media Permainan Digital “Ingat Rambu” dengan Adobe Flash

rachmat wahid saleh (universitas muhammadiyah pontianak)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2018

Abstract

Rambu Lalu Lintas adalah peringatan, larangan, perintah, atau petunjuk bagi pengguna jalan. Seluruh pengguna jalan wajib mematuhi peraturan yang ditentukan. Anak-anak usia dini termasuk pengguna jalan yang sangat diutamakan. Pengenalan dan pembelajaran mengenai Rambu Lalu Lintas kepada anak-anak sangat penting dilakukan. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan media permainan. Media permainan telah menjadi alternatif populer untuk metode belajar anak-anak. Penilitian ini mengusulkan sebuah permainan digital yang dibuat dengan bahasa pemrograman Action Script sebagai media pembelajaran Rambu Lalu Lintas kepada anak-anak. Permainan yang dinamakan Ingat Rambu ini dibangun dengan gambar dua dimensi menggunakan aplikasi Adobe Flash. Setiap Rambu Lalu Lintas ditampilkan dalam sebuah matriks pasangan kartu yang tertutup, anak-anak akan membuka setiap kartu untuk menemukan pasangan kartu dengan Rambu Lalu Lintas yang kembar. Maka dari itu, cara ini turut menguji kemampuan anak dalam ingatan jangka pendek. Peningkatan pengetahuan dan ingatan anak-anak mengenai Rambu Lalu Lintas menjadi hasil yang diharapkan dalam pembuatan permainan ini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

CN

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

CYBERNETICS is published two times annually, May and November by the Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Pontianak (P3I) in colaboration with the Department of Informatics, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah, Pontianak. The aim of the journal is to publish ...