EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 7, No 2 (2018)

استخدام أسلوب لعبة مفردة الحائط (Word Wall) في ترقية حفظ الطلاب على المفردات

Santi Apriyanti (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Muhsin Riyadi (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2018

Abstract

Penerapan permainan word wall merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan hafalan Kosakata siswa, selain itu dengan penggunaan permainan ini guru dapat menghilangkan rasa bosan siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab, adapun tujuan umum dari implementasi permainan word wall dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab adalah untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap Kosakata.Dasar pemikiran dari penggunaan permainan word wall dalam kegiatan pembelajaran kosakata bahasa arab dikarenakan permainan tersebut secara teori dapat meningkatkan pemahaman kosakata siswa.Tujuan yang hendak dicapai dalam peneitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan hafalan siswa sebeum penggunaan permainan word wall dalam kegiatan pembelajaran kosakata (2) untuk mengetahui kemampuan hafalan siswa setelah penggunaan permainan word wall dalam kegiatan pembelajaran kosakata (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan word wall terhadap peningkatan kemampuan menghafal kosakata siswa.Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, adapun tujuan penggunaan metode ini adalah untuk menganalisis penggunaan permainan word wall dalam kegiatan pembelajaran kosakata bahasa arab serta pengaruhnya terhadap kemampuan hafalan kosakata siswa.Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah (1) kemampuan menghafal siswa kelas VIII MTs KMI sebelum di implementasikannya permainan word wall dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab sebesar 36,4% nilai tersebut bermakna lemah (2) kemampuan menghafal siswa kelas VIII MTs KMI sesudah di implementasikannya permainan word wall dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab sebesar 61,81% nilai tersebut bermakna cukup (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan permainan word wall dan peningkatan hafalan siswa meningat f-hitung (27,009) lebih besar daripada f-table (4,18), sementara itu nilai pengaruh penggunaan permainan word wall terhadap kemampuan hafalan siswa sebesar 0,81, nila tersebut mempunyai maksud pengaruh penggunaan permainan word wall terhadap peningkatan hafalan isiswa Kelas VIII MTs KMI Tanjungsari Majalengka kuat. Kata Kunci : Word Wall, Hafalan kosa kata

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ibtikar

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The EL-IBTIKAR Journal focuses on the theme and topic of Arabic teaching, Arabic linguistics and literature, including: 1) Methodology of Arabic teaching for non-native speakers. 2) Arabic Morphology and Syntax. 3) Teaching for Arabic Competences. 4) Strategy for teaching and learning Arabic for ...