ABSTRACT. In hospitals often part lacking registration patients obtain enough attention from the hospital because regarded only as a place of registration. Whereas in place this is occurring contact the first time between the community and hospital, both the good and bad hospital services will start from the place of registration. Size of work designed in ergonomic will attract to do a job, it will reduce the work role is to maximize security, comfort work so officers increase productivity. The purpose of research is to know the relationship between tables and chairs that ergonomics with officer performance in place of registration of patients  RS PKU âAisyiyah Boyolali. The research is research explanatory reseach type. The population in this research was the table, seats and 6 officers in place of registration RS PKU âAisyiyah Boyolali. The sample collection technique using a quota of sampling. Data analysis done in univariat and bivariat, with statistical tests using chi-square. The result showed that a workbench 100 % is ergonomics, 100% seat work did not ergonomics. Registration officer performance patients 66.7 % good and 33.3% is moderate. There was no contact between a workbench and chairs work ergonomics with the officer performance of the registration of hospital patients RS PKU âAisyiyah Boyolali (p>α = 0.414>0.05). Keyword : Ergonomics, Chairs and Seats, Performance ABSTRAK. Pada rumah sakit seringkali bagian pendaftaran pasien kurang memperoleh perhatian yang cukup dari pihak rumah sakit karena dianggap hanya sebagai tempat pendaftaran. Padahal di tempat inilah terjadi kontak pertama kali antara masyarakat dengan rumah sakit, baik buruknya pelayanan rumah sakit akan dimulai dari tempat pendaftaran. Ukuran sarana kerja yang dirancang secara ergonomis akan lebih nyaman untuk melakukan suatu pekerjaan, dapat mengurangi beban kerja yang berperan untuk memaksimalkan keamanan, kenyamanan dan efisiensi kerja sehingga produktivitas petugas meningkat. tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara meja dan kursi yang ergonomis dengan kinerja petugas di tempat pendaftaran pasien, Rumah Sakit PKU âAisyiyah Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian jenis explanatory reseach. Populasi dalam penelitian ini adalah meja, kursi dan 6 petugas di tempat pendaftaran Rumah Sakit PKU âAisiyah Boyolali. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat, dengan uji statistik menggunakan chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meja kerja 100% ergonomis, kursi kerja 100% tidak ergonomis. Kinerja petugas pendaftaran pasien 66,7% baik dan 33,3% sedang. Tidak ada hubungan antara meja kerja dan kursi kerja yang ergonomis dengan kinerja petugas di tempat pendaftaran pasien Rumah Sakit PKU âAisyiyah Boyolali (p>α = 0.414>0.05). Kata kunci : Ergonomi, Meja dan Kursi, Kinerja
Copyrights © 2017