International Journal of Elementary Education
Vol 1, No 4 (2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN LAGU DAERAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Trianti Lestari, Ni Ketut (Unknown)
Kristiantari, Mg. Rini (Unknown)
Ganing, Ni Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Talking Stick berbantuan lagu daerah  dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Lodtunduh Kecamatan Ubud Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian diperoleh Kelas V SD Negeri 3 Lodtunduh sebagai kelompok eksperimen dan Kelas V SD Negeri 4 Lodtunduh sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil Penelitian menggunakan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,057, sedangkan ttabel = 2,00. Sehingga dapat dikatakan bahwa thitung = 5,057 > ttabel= 2,00, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa pada kelas eksperimen yaitu  = 77,08 dan pada kelas kontrol yaitu  = 67,71. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berbantuan lagu daerah berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Lodtunduh Kecamatan Ubud Tahun Ajaran 2016/2017.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

IJEE

Publisher

Subject

Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of the Journal of International Journal of Elementary Education is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and ...