ABSTRAKPenelitian ini fokus pada eksistensi identitas budaya urban yang ada pada AudiensJazz Traffic Festival Surabaya. Peneliti akan melihat Audiens dalam Jazz Traffic Surabayasebagai bentuk identitas budaya urban yang kemudian akan dianalisis sebagai sebuah wacana(Discourse Analysis) baik itu dalam bentuk dokumentasi maupun wawancara. Penelitian inicenderung diarahkan pada apa saja identitas budaya urban yang ada pada Jazz TrafficFestival dan juga bagaimana identitas budaya urban tersebut diartikulasikan dalam JazzTraffic Festival Surabaya melalui audiens atau penonton. Tinjauan pustaka dalam penelitianini antara lain adalah Identitas dan Budaya Urban, fetisisme komoditas dalam spectacle sertaanalisis wacana : Discourse Analysis.kemudian, untuk pendekatan dalam penelitian ini adalahkualitatif dengan tipe eksploratif. metode penelitian Discourse Analysis (analisis diskursus)dengan teknok observasi dan interview untuk data primer serta internet dan studi pustakauntuk data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah adanya identitas budaya urban yangterlihat dalam Jazz Traffic Festival seperti gaya hidup dan tidak bisa terlepasnya teknologidari para audiens yang diartikulasikan dalam bentuk simbol fashion yang dipakai danfethitism terhadap teknologi gadget yang di tunjukan dengan membawa handphone kemanamana maupun dibawanya kamera keluaran terbaru, seperti GoPro untuk menunjang selfiemaupun wefie mereka.
Copyrights © 2019